Digital Alliance 9800GT 512MB DDR3 256Bit Review

Kupaskomputer.com - Bagi sobat yang sudah mengikuti blog ini, mungkin pernah membaca artikel review VGA yang lain dalam hal gaming. Mungkin ada yang bertanya kok selalu merk DA yang saya pakai? kebetulan merk satu ini paling banyak digunakan orang, khususnya teman-teman saya.

Dan kali ini saya akan menyajikan VGA dengan chipset nvidia 9800GT. Untuk diketahui, nvidia 9800GT rilis pada tahun 2008 dan merupakan vga kelas high end pada masanya. Menggunakan VRAM 512MB DDR3 dan lebar data sebesar 256Bit, cukup menjanjikan gaming dengan grafis tinggi pada waktu itu. Bagaimana dengan game-game saat ini? yang sedikit banyak menuntut VRAM yang cukup besar? Silahkan simak review singkat dari saya ini. 
www.kupaskomputer.com
Digital Alliance 9800GT 512MB DDR3 256 bit
Digital Alliance Nvidia 9800GT yang saya gunakan merupakan versi green (hemat daya) yang berarti tidak membutuhkan power tambahan dari PSU, hanya mengandalkan daya dari slot PCI-Ex16. Dan ini berarti seri ini tidak akan menghasilkan panas yang terlalu tinggi. Namun dengan pemangkasan spesifikasi standarnya, seperti kecepatan memori dan gpu yang diturunkan. Sekarang kita lihat spesifikasi lengkap yang diusung VGA ini. Dan juga hasil dari Windows Experience Index. 
gpu-z DA 9800GT 512MB DDR3
GPU-Z
WEI DA 9800GT 512MB DDR3
Windows Experience Index

Dari hasil gpu-z dan juga windows experience index, vga ini cukup menjanjikan untuk diajak bermain game. Walaupun salah satu kendala adalah teknologi yang sudah mulai di tinggalkan, seperti dukungan directx 10, yang sedikit demi sedikit mulai ditinggalkan oleh development game. Ini terbukti dengan beberapa game yang sudah tidak dapat dijalankan lagi seperti Crysis 3, Far Cry 4 dan juga Call of duty advance warfare. 

Spesifikasi lengkap komputer yang saya gunakan.
  • Intel Core i3 4160 3.6Ghz Socket 1150
  • RAM 8GB Dual Channel
  • VGA Digital Alliance 9800GT 512MB DDR3 256 Bit Green 
  • Windows 7 Ultimate 64 Bit
  • Driver Nvidia Forceware 331.65 (seri diatasnya sudah tidak mendukung vga ini)
  • Monitor dengan resolusi 1366 x 768

Disini saya hanya menguji tiga game saja dikarenakan game-game yang telah saya sebut diatas sudah tidak mendukung vga directx 10. Game-game tersebut seperti Pro Evolution Soccer 2015, Medal Of Honor Warfighter dan Need For Speed Most Wanted 2. 

1. Pro Evolution Soccer 2015

Secara GPU, vga ini tidak akan bakal kewalahan dengan game PES. Walaupun sudah berumur dan VRAM yang tidak terdeteksi oleh PES itu sendiri, saya merasa yakin untuk mengatur game dengan settingan terbaik. Terbukti game pes 2015 berjalan sangat mulus tanpa adanya lag. 

Setting PES 2015 DA 9800GT 512MB DDR3
Hasil yang kurang baik analisa PES 2015 pada DA 9800GT
PES 2015 DA 9800GT 512MB DDR3
Pro Evolution soccer 2015

2. Medal Of Honor Warfighter

Berlanjut ke game bertema perang. Walaupun saya tahu beberapa vga atau kartu grafis yang pernah saya uji cukup kewalahan dengan settingan medium pada game ini, tetapi lagi-lagi saya merasa yakin untuk mengatur game ini ke settingan medium. Terbukti game masih berjalan sangat mulus walaupun fraps menunjukkan angka dibawah 30 dan terkadang diatas 30. Namun vga ini cukup stabil memainkan game medal of honor warfighter. 
Medal of honor warfighter pada DA 9800GT
Medal of honor warfighter

3. Need For Speed Most Wanted 2

Game dengan tema racing ini ternyata sangat mulus dimainkan menggunakan vga seri ini. Dengan settingan terbaik, saya masih mendapati nilai fraps yang tidak terlalu jauh dari harapan saya. Ya, fraps menunjukkan angka berkisar 25-30, namun kenyataannya game tidak mengalami lag. Cukup nyaman dengan grafis yang indah dipandang. 
NFSMW2 pada DA 9800GT
Need for speed most wanted 2


Dari ketiga game yang saya uji cobakan pada vga ini, terlihat bahwa kemampuan vga seri ini masih cukup layak memainkan game-game terbaru dengan settingan low dan medium, hanya saja faktor teknologi yang sudah mulai ditinggalkan menjadi hambatan vga-vga directx 10 untuk tetap dipertahankan.

Walaupun tidak semua game mewajibkan dukungan directx 11 untuk saat ini, perlahan tapi pasti game-game terbaru mengharuskan penggunaan vga dengan teknologi yang baru pula seperti halnya dukungan directx 11 atau malah directx 12. Bahkan beberapa game mengharuskan vga dengan vram minimal 1GB.

Hmm... cukup menyakitkan bukan? karena kalau sebagian dari kita yang hobi bermain game di pc dan memiliki pc dengan spek yang jadul sudah jelas kita harus mengeluarkan uang lebih untuk upgrade komputer atau bahkan menjualnya dengan harga yang cukup murah. 

Semoga review singkat VGA Digital Alliance Nvidia Geforce 9800GT 512MB DDR3 256Bit bisa bermanfaat bagi sobat setia defaris. Kritik dan saran yang membangun sangat saya harapkan demi kemajuan blog ini. 

Subscribe to receive free email updates:

4 Responses to "Digital Alliance 9800GT 512MB DDR3 256Bit Review"

  1. Mantap gan saya jg msh pakai vga ini,

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bener om, VGA ini masih bisa ngeladeni game-game sekarang. Cuma sayang, kendala di teknologi yang sudah mulai ditinggalkan, jadilah VGA ini pun terkena imbasnya.

      Delete
  2. gan review gts 450 1gb ddr5 donk.

    ReplyDelete