Menghapus driver sampai akar-akarnya

Kupaskomputer.com - Apa kabarnya sobat? semoga selalu dalam lindungan Allah SWT. Bahasan kali ini mengenai driver pada komputer. Sedikit penjelasan, driver adalah sebuah software yang fungsinya sendiri untuk mengendalikan perangkat keras (hardware) di dalam komputer. Contohnya? seperti driver VGA, Sound, LAN, Bluetooth dan lain-lain. 

Pada dasarnya untuk membuang driver kurang lebih sama seperti uninstal program. Tetapi terkadang driver tersebut masih meninggalkan bekas. Efeknya sih gak ada kalau cuma satu driver, cuma terkadang ini menimbulkan masalah disaat kita mengganti driver yang berbeda. Ambil contoh kemarin kita menggunakan VGA dari AMD, kemudian karena ingin mencoba yang baru akhirnya kita mengganti dengan VGA dari nVidia. Nah masalah bisa terjadi bila kita menggunakan dua kubu yang berbeda ini kalau tidak menghapus driver sampai akar-akarnya. Terkadang akan menimbulkan bluescreen disaat bermain game. 

Untuk membersihkan sampai tuntas saya menggunakan aplikasi pihak ketiga, yaitu Driver Sweeper versi 3.2.0. Driver sweeper versi ini hanya support sampai Windows 7, kalau di windows 8 hasilnya tidak maksimal. Sebenarnya ada versi terbaru yang support untuk windows 8 dan 8.1 tetapi sekarang sudah tidak gratis lagi, harus bayar. 

Langkah-langkah menghapus driver sampai akar-akarnya

1. Download terlebih dahulu software Driver Sweeper 
2. Instal seperti biasanya
3. Setelah instalasi buka program maka sobat akan melihat tampilan program yang cukup sederhana
www.kupaskomputer.com
Driver Sweeper 3.2.0
4. Untuk membuang driver harus dipilih sesuai seri driver yang digunakan, disini saya akan menghapus tuntas driver dari nvidia, maka cukup sobat centang semua tulisan nvidia. Kemudian klik analyse.
5. Setelah itu klik Clean, maka akan muncul jendela peringatan, seperti terlihat dibawah ini
Proses pembersihan driver menggunakan aplikasi
Proses pembersihan
6. Langkah selanjutnya klik ok dan pilih reboot now, maka komputer akan restart dan setelah hidup kembali seluruh driver terbuang sampai tuntas. Kalau masih ragu coba sobat masuk safe mode dan jalankan driver sweeper di safe mode. 
7. Sekarang driver terbaru sobat siap dipasang 

Semoga artikel "menghapus driver sampai akar-akarnya" bermanfaat bagi kalian. Kritik dan saran yang membangun sangat saya harapkan demi kemajuan blog ini. 

Subscribe to receive free email updates:

3 Responses to "Menghapus driver sampai akar-akarnya"

  1. wah patut dicoba driver saya ga driver asli komputer

    ReplyDelete
  2. Misalnya saya sudah meng update driver ke yang ter update, terus apa yang ter update saja yang terhapus min?

    ReplyDelete