Intel HD Graphics 4400 Review

Kupaskomputer.com - Pada kali ini saya akan mencoba menguji kemampuan VGA Onboard Intel Core i3 4160 3.6Ghz dengan kode nama "Haswell" dan menggunakan soket terbaru yaitu 1150. Untuk diketahui, prosesor seri ini merupakan generasi terbaru dari Intel dengan kemampuan VGA onboard yang telah ditingkatkan. Prosesor Core i3 4160 3,6Ghz ini memiliki VGA Onboard Intel HD Graphic 4400. Disini saya akan memberikan beberapa test game yang telah saya jalani untuk melihat seberapa kemampuan vga onboard intel HD graphic ini. 
www.kupaskomputer.com
Intel Core i3 4160
Beberapa game yang akan saya uji cobakan merupakan game-game yang membutuhkan spesifikasi tinggi agar berjalan maksimal.  Walaupun ada sebagian game yang tidak membutuhkan spesifikasi terlalu tinggi seperti PES 2015. Game tersebut adalah Crysis 3, Call of duty Advance Warfare, Far Cry 4 dan Pro Evolution 15. Untuk pengaturan game sendiri, sengaja saya setting ke Low untuk mendapatkan kenyamanan dalam bermain game, kecuali game PES 2015. 

Sekarang kita lihat spesifikasi yang di usung oleh prosesor Intel Core i3 dengan vga onboard HD 4400. Kebetulan saya menggunakan prosesor Intel Core i3 4160 3.6Ghz yang merupakan prosesor i3 seri tertinggi yang beredar di Indonesia. Berikut spesifikasi lengkap komputer yang saya uji cobakan untuk menjalankan game-game tersebut : 
  • Intel Core i3 4160 3.6Ghz
  • RAM 8GB Dual Chanell
  • VGA Onboard Intel HD 4400 dengan memori share 1GB
  • Windows 7 Ultimate 64bit SP1
  • Driver terbaru dari Intel
  • Aplikasi FRAPS untuk mengukur kemampuan VGA
  • Monitor 19" dengan resolusi 1366 x 768
windows experience index intel core i3 4160
Hasil dari Windows Experience Index
CPU-Z dan GPU-Z Intel Core i3 4160
Screenshot CPU dan GPU-Z dari Intel Core i3 4160
Dari hasil Windows Experience Index, terlihat bahwa VGA onboard dari intel ini cukup menjanjikan untuk diajak bermain game. Begitupun juga kalau dilihat dari GPU-z, vga onboard intel ini memiliki bandwidth yang cukup besar yaitu 25.6GB/s, walaupun ram terdeteksi DDR3 tetapi memori sizenya terdeteksi 0 MB, sampai saat ini saya tidak tahu kenapa kapasitas memorinya tidak terbaca, padahal jelas di BIOS udah saya atur memori share nya 1GB. Penasaran bagaimana kinerja vga onboard Intel HD 4400 ini? silahkan disimak berikut ini. 

1. Pro Evolution Soccer 2015

Siapa yang tidak kenal dengan game satu ini? kalau saya boleh bilang game ini merupakan game sejuta umat yang paling banyak dipakai oleh semua orang. Tidak membosankan dan semakin asyik dimainkan bersama teman-teman. Saya tidak ragu untuk menjalankan game ini dengan high setting, atau settingan terbaik. Hasilnya? sangat mulus dan sangat nyaman untuk dimainkan. Bisa dilihat, GPU terdeteksi bad oleh PES 2015, tetapi kenyataannya tidak berpengaruh sama sekali dengan kenyamanan bermain game PES ini.

High setting PES 2015 on Intel HD 4400
PES 2015 dengan High setting
Screenshot PES 2015 Intel HD 4400
Screenshot PES 2015

2. Medal Of Honor Warfighter

Game dengan genre fps dan lebih fokus ke peperangan ini membuat saya ragu untuk melakukan settingan terbaik dari game tersebut. Saya sempat mencoba mengatur pada settingan medium, tetapi hasilnya tidaklah maksimal, Game tersebut berjalan tidak mulus, akhirnya saya kembali lagi ke settingan low, dan mendapatkan game berjalan sangat mulus walaupun fps nya tidak terlalu tinggi. Berkisar di 19-20an fps. 
Medal of honor warfighter on Intel HD 4400
Medal Of Honor Warfighter

3. Call Of Duty Advance Warfare 

Hmm.. game satu ini merupakan game terlaris, setiap tahunnya pasti akan muncul seri terbaru. Walaupun sebenarnya saya sedikit kecewa memainkan game seri ini. Game ini bertemakan perang modern terlihat alat-alat tempur yang digunakan sudah canggih, terlalu canggih malah. Game inipun meminta spesifikasi yang lumayan tinggi, seperti RAM minimal 6GB dan VGA minimal GTS 450 1GB DDR5. Hmm.. saya tidak yakin bahwa vga onboard intel akan mampu memainkannya dengan settingan medium melihat game Medal of honor tidak berjalan maksimal. Saya setting semuanya ke LOW, hasilnya tidak terlalu nyaman walaupun masih bisa dimainkan. Terlihat dari fps yang saya dapatkan cuma dikisaran 15fps.

Call of duty Advance Warfare Intel HD 4400
COD AW

4. Crysis 3 

Game satu ini walaupun sudah berumur tetapi cukup untuk membantai vga-vga terkini sekalipun. Game ini meminta spesifikasi cukup tinggi kalau ingin mendapatkan penampilan yang maksimal. Dari beberapa game yang saya uji, semuanya harus disetting ke low agar tetap mulus termasuk game crysis ini Walaupun saya tidak terlalu jauh memainkannya, tetapi ternyata vga ini masih bisa menjalankannya dengan mulus.
Crysis 3 on Intel HD 4400
Crysis 3

5. Far Cry 4

Tidak jauh berbeda dengan Crysis, game ini memiliki grafis yang sangat baik bila semuanya diatur ke Ultra setting. Tetapi karena far cry pun merupakan game yang meminta spesifikasi tinggi, akhirnya saya memutuskan untuk mengatur settingan game ke low, demi mendapatkan kenyamanan dalam bermain game. Setelah saya mainkan, game ini tidak berjalan mulus, menurut saya kurang nyaman. Gerakan pemain pada game terlihat seperti tersendat-sendat. Hmm... sepertinya harus pakai vga card yang powerfull guna menjalankan game ini.
Farcry 4 on Intel HD 4400
FarCry 4

Dari beberapa game yang saya uji coba hanya game PES 2015 yang berjalan sangat mulus dengan settingan high, sisanya harus menggunakan settingan low dan terkadang masih mendapatkan game yang berjalan tidak maksimal. Disini bisa kita lihat bahwa kemampuan vga onboard prosesor Intel Core i3 4160 yaitu Intel HD 4400 ini masih bisa memainkan game-game berat sekalipun. Cukup untuk kita menahan diri membeli VGA card atau kartu grafis sementara waktu, sambil menabung untuk mendapatkan kartu grafis atau vga card yang kelasnya diatas Intel HD 4400, sayangkan apabila vga atau kartu grafis yang kita beli ternyata kemampuannya tidaklah jauh berbeda dengan vga onboard intel ini. Untuk kartu grafis yang kupaskomputer sarankan untuk mengganti kartu grafis onboard intel HD 4400 adalah kartu grafis Nvidia GTX 750 atau AMD Radeon R7 250X

Semoga artikel "Intel HD graphic 4400 review" ini bisa memberikan gambaran kemampuannya dan bisa bermanfaat bagi sobat defaris. Inshaa Allah dilain waktu kupaskomputer akan coba melakukan review singkat mengenai kemampuan VGA Card dengan range harga 600 ribu-an. 

Subscribe to receive free email updates:

14 Responses to "Intel HD Graphics 4400 Review"

  1. gannn Punyaa G+ gk ? mau anee follow :)

    ReplyDelete
  2. Wah keren juga ya ntu Intel bisa mainin Game HD macem PES 2015. Nice post bray.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau game pes mah gak terlalu berat, apalagi spesifikasi yang di usung vga onboard intel ini lumayan tinggi om :)

      Delete
  3. Wah.. Keren Jangan Lupa Kunjungi Blog Saya
    http://rentallaptopmalang.blogspot.com/

    ReplyDelete
  4. Wh,, Post yang membantu jangan lupa kunjungi
    http://servicekomputermurahsurabaya.blogspot.com/

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ok om, nanti saya mampir, thnx dah mampir ke blog saya :)

      Delete
  5. permisi gan mau tanya disini http://gpuz.techpowerup.com/15/07/26/73g.png gpu clock nya 200MHz, tapi pas di sensor gpu clock nya sampe 1000MHz http://gpuz.techpowerup.com/15/07/26/2tf.png . itu kenapa ya ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Saya gak ngecek kesana om, nanti coba saya cari2 informasi dulu ya

      Delete
  6. gan mau nanya saya pakai pc thinkcentere lenovo m73 yg vga nya onboard 4400,kok di intalasi kapasitas vga nya N/A ,terus waktu instal pes 2015 dispecsipikasinya vga juga N/a, mohon pencerahan nya ya,thanks

    ReplyDelete
  7. gan kok punya saya di pes 2015 ke detect nya intel hd family trus d keterangannya juga unable, vram nya juga unable

    ReplyDelete