Cara memasang prosesor Intel dengan mudah (soket 775)

Kupaskomputer.com - Waktu itu saya pernah membahas pemasangan pasta pada prosesor AMD namun tanpa cara memasangkan prosesor AMD begitupun juga HSFnya. Insya Allah pada lain kesempatan akan saya coba sajikan. Namun kali ini saya akan memberikan tutorial untuk pemasangan prosesor intel begitupun juga dengan HSF (Heatsink and Fan) standarnya. 

Harap di ingat untuk menghilangkan listrik statis terlebih dahulu sebelum melakukan perakitan prosesor dan hsf nya ini. Semua itu dilakukan untuk menghindari hal-hal yang tidak di inginkan. Dan jangan lupa membaca basmallah agar semuanya berjalan dengan lancar tanpa masalah hehe...



Langkah pemasangan prosesor Intel berikut HSFnya

1. Disini prosesor yang saya gunakan adalah Intel Pentium Dual Core 2,7Ghz dengan HSF (Heatsink and fan) standar intel. Prosesor ini masih menggunakan soket 775 yang merupakan soket yang sudah lama rilis namun sampai saat ini masih banyak yang menggunakannya. Soket 775 ini kalau boleh saya bilang seperti windows xp, biarpun produk lama namun banyak penggemarnya. 
www.kupaskomputer.com
Prosesor dan HSF
2. Mencocokkan segitiga. Pastikan segitiga pada prosesor itu dipasangkan juga pada motherboard tepat di segitiga mainboard juga. Tetapi pada dasarnya, kita bisa lihat bentuk prosesor dan soket tersebut, dan pemasangannya tinggal sesuaikan bentuknya, karena ada sisi yang berbeda, dan sedikit kemungkinan kecil akan kesalahan pemasangan prosesor di soketnya. Oh ya, saya hanya mengingatkan, kaki pin pada soket sangat rentan bengkok bahkan bisa juga patah, dan harus lebih berhati-hati dalam memasangkan prosesor, jangan sampai pin pada soket sampai bengkok bahkan sampai patah karena kesalahan kecil yang kita lakukan. 
Pemasangan Prosesor Intel ke Mainboard LGA 775
Pemasangan prosesor ke mainboard
3. Setelah pemasangan prosesor, sekarang tinggal mengunci prosesornya di soket dengan cara mendorong kekanan besi pengunci kemudian menekannya kebawah sampai besi tersebut mengait di samping soket. Langkah selanjutnya adalah memasang pasta. Kalau saya khusus prosesor intel, pemasangan pasta tidak harus meratakan ke seluruh permukaan prosesor. Ini dikarenakan HSF intel sendiri permukaannya bulat bukan kotak seperti amd. Pemasangan pasta cukup meneteskannya sedikit saja gak perlu banyak, kurang lebih seperti digambar. 
Penguncian dan pemasangan pasta prosesor
Penguncian dan pemasangan pasta prosesor
Note :
Bila memasangkan prosesor baru beserta HSFnya, pasta tidak perlu lagi dipasang karena sudah ada di HSFnya.

4. Sekarang tinggal memasangkan HSF (heatsink fan) ke motherboard LGA 775. Sebelum memasang  HSF prosesor, saya sarankan untuk mengatur terlebih dahulu empat pengunci HSF prosesor sesuai dengan gambar dibawah ini. Hal ini dilakukan untuk memudahkan kita menguncinya. 
Mengatur pengunci HSF Prosesor Intel
Mengatur pengunci HSF
5. Langkah selanjutnya adalah memasukkan semua ujung pengunci HSF ke lubang-lubang di motherboard. Kemudian dorong semua pengunci tersebut agar masuk ke lubang. Lebih jelasnya lihat gambar dibawah ini. 
Memasukkan pengunci HSF prosesor intel ke mainboard
Memasukkan pengunci ke lubang mainboard
6. Apabila semua telah masuk dengan baik sekarang tinggal menguncinya ke motherboard dengan menekan pengunci kebawah sampai berbunyi krik. Lakukan hal yang sama pada tiga pengunci HSF. 

Mengunci HSF Intel ke mainboard dengan cara menekan
Mengunci HSF ke mainboard
7. Sesuatu yang sering dilupakan, ya, kabel power kipas prosesor. Pasangkan kabel power ini di area yang paling terdekat. Biasanya letak dari colokan power ini di sebelah soket ram. Untuk lebih jelasnya lihat gambar dibawah ini 
Memasang kabel power kipas prosesor intel
Memasang kabel power kipas prosesor


Bagaimana cukup mudah bukan? tapi sekali lagi harap untuk lebih berhati-hati. Jangan sampai pin bengkok bahkan patah, kenapa saya mengingatkan hal ini? pernah kejadian saya lihat pin-pin pada prosesor patah dan lainnya banyak yang bengkok. Akibatnya prosesor sulit di deteksi. Oh ya soket prosesor intel saat ini sudah cukup banyak. dari LGA 775, 1156, 1155 dan 1150. Apakah bisa diterapkan hal serupa? pada dasarnya ketika kita bisa memasangkan 

Semoga artikel "cara memasang proseosr intel dengan mudah" ini bisa memberikan manfaat bagi sobat defaris. Kritik dan saran yang membangun sangat saya harapkan demi kemajuan blog ini. 

Subscribe to receive free email updates:

14 Responses to "Cara memasang prosesor Intel dengan mudah (soket 775)"

  1. Mantap nih tipsnya gan, boleh di coba nihh ;)

    http://myapotekacemaxs.com/obat-bronkitis/

    ReplyDelete
  2. On sy mau tnya..sy may Ganti prosesor core2 quad...sblumnya sy lake yg core2 duo..ddr3...apakah be lngsung pakai..atau perlu Ada penginstalan ulng?..mohon bantuannya..mksih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Gak perlu, kalau sekedar mengganti ram dan prosesor gak perlu instalasi ulang windowsnya, tapi kalau ganti mobo ataupun harddisk hal ini harus dilakukan

      Delete
  3. Klo beli processor udh termasuk pasta nya gk ?

    ReplyDelete
  4. Terimakasih atas penjelasannya,izin shaerd untuk belajar lagi di rumah ,kunjungi kami http://www.darmawanpark.com/

    ReplyDelete
  5. gan, ane ganti prosesor baru, normal, persis sama kaya cara diatas, tapi pas run dxdiag masih nongol prosesor yang lama.. itu kenapa ya gan ?

    ReplyDelete
  6. gan, ane ganti prosesor persis sama kaya cara diatas, tapi pas run dxdiag masih nyantol prosesor lama, kenapa ya gan ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kebaca prosesor yang lama ya?coba di instal ulang windowsnya om, harusnya sih berubah

      Delete
  7. saya mau tanya gan, saya upgrade prosesr pc saya dari dual core e5700 ke core2 duo, pas di coba kok mobo keluar suara bep 3 kali dan berulang ulang,
    apa solusinya gan biar di mobo intel dg41wv saya bisa baca prosesr core2 duo e5800,
    makasih gan

    ReplyDelete