Cara mengganti Hardisk Laptop Acer 4551

Kupaskomputer.com - Bagaimana kabarnya sobat defaris?kalau saya sendiri masih mumet sebenarnya hehe.. Tetapi saya lebih senang berbagi karena itu akan membuat kebahagiaan sendiri buat saya. Oh ya pasien saya kali ini adalah Laptop Acer 4551 yang kebetulan rusak pada hardisknya (baca : penyebab kerusakan pada hardisk). Jadi tidak ada jalan lain selain mengganti dengan harddisk yang baru. 

Sebelum membongkar ada baiknya membaca "basmallah" agar semuanya berjalan tanpa adanya halangan hehe.. Dan jangan lupa untuk mempersiapkan peralatan pendukung seperti obeng kecil dan tempat baut.

Berikut cara mengganti hardisk laptop Acer 4551

1. Selalu saya ingatkan untuk melepaskan baterai terlebih dahulu. Jangan lupa untuk menghilangkan listrik statis dari tubuh kita (baca mengenal listrik statis). Kemudian lepaskan ke empat baut penutup dibelakang bodi belakang laptop. lebih jelasnya lihat gambar dibawah ini
empat baut pengunci cover belakang Acer 4551
Posisi empat baut pengunci cover belakang
2. Jangan lupa untuk mengumpulkan baut tersebut untuk menghindari hilangnya baut. Langkah selanjutnya melepas cover atau penutup hardisk, bagian ini terkadang sedikit sulit, terkadang kita harus mengeluarkan tenaga sedikit untuk melepas. Tarik penutup keatas menggunakan jari secara hati-hati. Bisa dilihat gambar dibawah ini.
Membuka penutup dengan menarik sela-sela acer 4551
Cukup menarik di sela-sela cover ke arah atas untuk membukanya
3. Sampai disini hanya ada satu baut pengunci hardisk yang harus dilepas. Pengunci satunya tidak menggunakan baut. Setelah melepas baut, untuk melepas pengunci kedua cukup menariknya keatas secara hati-hati. Lebih jelasnya lihat gambar dibawah ini.

Melepas baut pengunci hardisk acer 4551
Melepas baut pengunci hardis
4. Sampai disini langkah selanjutnya adalah cukup melepaskan konektor hardisk ke laptop dengan mendorongnya ke arah luar bagian kanan maupun kiri. Seperti terlihat gambar dibawah ini. Dan hardisk baru siap untuk dipasang. Cara pemasangannya pun kurang lebih sama seperti kita melepaskannya. 
Melepas konektor hardisk acer 4551
Melepas konektor hardisk
Cukup mudah bukan mengganti hardisk laptop acer 4551?tetapi ada baiknya jikalau takut didampingi oleh orang yang lebih paham tentang komputer. Semoga artikel ini bermanfaat bagi sobat. Kritik dan saran yang membangun sangat saya harapkan untuk kemajuan blog ini. 

Subscribe to receive free email updates:

10 Responses to "Cara mengganti Hardisk Laptop Acer 4551"

  1. Replies
    1. hehe bukan om, kebetulan saya hobinya bongkar-bongkar

      Delete
  2. wahhh akhirnya ada tutorial nya juga soal ganti hardisk laptop (y)

    ReplyDelete
  3. ini yang dicari
    bisa buka laptop sendiri
    terima kasih banyak ya

    ReplyDelete
  4. keren gan informasinya,sangat membantu sekali
    ini gan kalau mau servis laptop,jual beli laptop dan cari sparepart laptop https://laptopbekasjogja.wordpress.com/

    ReplyDelete