Super Graphic GT 630 1GB DDR3 Review

Kupaskomputer.com - Kali ini saya akan mencoba mereview secara singkat mengenai vga dari super graphic. Namanya sendiri saya baru dengar di dunia komputer. Hmm.. mungkin sobat ada yang tahu ini vga asal usulnya darimana?ok deh saya tak akan membahas asal usulnya. Vga ini harga dipasaran kurang lebih 700 ribu tergantung dari toko yang menjual. Menggunakan GPU dari nvidia GT 630 1GB DDR3 128bit. Tetapi ada suatu ganjalan yang sampai saat ini pun belum terjawab karena waktu yang tidak terlalu banyak untuk mencari solusinya. Sementara saya uji coba dengan hasil yang ada. Penasaran?silahkan baca artikel ini sampai habis.
www.kupaskomputer.com
SG GT 630 1GB DDR3
Spesifikasi lengkap komputer untuk melakukan uji coba pada vga ini.
  • Intel Core i3 4160 3.6Ghz
  • RAM 8GB Dual Channel
  • VGA Super Graphic GT 630 1GB DDR3
  • Driver Forceware 331.65 dan juga driver dari CD yaitu forceware 301
  • Windows 7 Ultimate 64bit SP1
  • Resolusi Monitor 1366 x 768
Sekarang kita lihat terlebih dahulu spesifikasi hasil GPU-z dan juga hasil dari Windows Experience Index. Disini saya berikan dua hasil yang berbeda, hasil pertama menggunakan driver update yang kedua menggunakan driver dari kaset vga tersebut. 
Hasil GPU-z VGA super graphic GT 630
Hasil GPU-z
WEI VGA Super Graphic GT 630 menggunakan driver asli
Menggunakan driver yang ada dikaset
WEI VGA Super Graphic GT 630 menggunakan driver update
Menggunakan driver update
Dari hasil Windows Experience Index kita bisa sedikit mendapatkan gambaran akan kemampuan vga ini. Yang saya merasa aneh bahwa vga super graphic ini ternyata tidak terdeteksi ketika saya menggunakan driver terbaru dari nvidia. Padahal normalnya vga gt 630 inipun harusnya kompatibel dengan driver terbaru. Akhirnya saya mengganti dengan seri driver dibawahnya alhasil vga terdeteksi dengan baik. Tetapi masalah lain pun muncul, khusus vga ini hasil WEI nya sangat mengecewakan, mengingat GT 630 yang pernah saya coba jarak nilainya terlalu jauh. Dan ketika saya mengganti dengan driver asli dari vga tersebut, ada peningkatan performa, walaupun hasilnya tidak begitu memuaskan. Hmm... dari sini saya mulai ragu akan kemampuan vga ini.

Oh ya sampai lupa hehe. Game-game yang saya uji cobakan kali ini tidak jauh berbeda dengan sebelumnya yaitu Pro Evolution Soccer 2015, Call of duty Advance warfare, Medal of honor, FarCry 4, Need For Speed Most Wanted 2, dan Crysis 3. 

1. Pro Evolution Soccer 2015

Hasil analisa PES 2015 vga super Graphic GT 630
Hasil Analisa PES

Screenshot PES 2015 vga Super Graphic GT 630 1GB
Fraps menunjukkan hasil yang tidak memuaskan
Siapapun itu baik gamer kelas entry sampai gamer kelas berat pun rata-rata menyukai game sepakbola. Dan inipun menjadikan standar testing saya untuk melihat kemampuan vga. Bisa dilihat dari hasil analisa pes bahwa vga ini sangat baik dan harusnya sangat bisa menjalankan game tersebut. Namun ternyata dugaan saya salah. Entah kenapa vga ini berjalan tidak maksimal, fps yang ditunjukkan mengalami ketidak stabilan, naik turun nilainya. Game terkadang mulus, terkadang tiba-tiba lag cukup parah. Hmm....

2. Medal Of Honor Warfighter

Medal of honor Warfighter VGA Super Graphic GT 630
Medal of honor Warfighter
Dengan keraguan dari hasil game pes tadi, saya coba untuk mengatur game ini ke settingan terendah. Setelah saya jalankan, fps drop sangat jauh dari yang saya harapkan. Seperti terlihat digambar, angka fraps menunjukkan angka 8. Sungguh aneh memang, secara gpu seharusnya tidak terlalu jauh berbeda hasilnya dengan merk lain. Disini saya semakin dibuat bingung. Dan saya coba jalankan game ini, ternyata game mengalami lag cukup parah, awal dimulai game sempat mengalami hang hanya beberapa menit. Dan bisa dilanjutkan walaupun hasilnya patah-patah alias tidak mulus 

3. Call of duty Advance Warfare

Error pada Call of duty Advance Warfare VGA Super Graphic GT 630
Call of duty Advance Warfare
Game ini malah tidak jalan sama sekali. Suatu hal  yang cukup mengejutkan. Lagi-lagi saya dibuat bingung oleh vga satu ini, dan saya juga mencoba mengganti driver karena penasaran. Tetapi hasilnya nihil, sama seperti driver sebelumnya. 

4. Crysis 3

Error pada Cyris 3 vga Super Graphic GT 630
Hasil error crysis 3
Game satu ini membutuhkan GPU yang sudah support directx 11. Kalau tidak maka game akan menolak untuk dimainkan dengan muncul peringatan. Saya coba untuk menjalankannya, tetapi saya mendapatkan kejutan lagi dari vga ini, game menolak dimainkan. Peringatannya pun menunjukkan bahwa vga ini tidak support directx 11. What the....? Kok bisa? padahal berdasarkan hasil GPU-z vga ini support directx 11? dan setahu saya vga nvidia yang masih berbasis directx 10 adalah seri GT 200. Apakah ini merupakan salah satunya? hmm... 

5. FarCry 4

Error pada FarCry 4 VGA Super Graphic GT 630 1GB DDR3
Hasil error pada farcry 4
Tidak menyerah dengan hasil yang didapat, sayapun mencoba menjalankan game farcry 4. Hasilnya? sama seperti halnya call of duty. Vga ini pun tidak bisa menjalankan game farcry ini. Sampai disini saya bingung harus ngomong apa lagi. 

6. Need For Speed Most Wanted 2

Game racing ini harusnya bisa berjalan sempurna kalau dilihat dari tipe gpu yang dipakai oleh vga ini. Awal mulai game tidak terjadi apa-apa, tetapi setelah intro ternyata game NFS Most wanted ini pun memunculkan pesan error. Hmm... bukan satu atau dua game saja, melainkan empat game yang tidak bisa dijalankan. Sangat mengecewakan. 

Dari seluruh pengujian, hanya dua game yang bisa dijalankan. Itupun hasilnya tidak maksimal. Bahkan cukup jauh hasilnya bila dibandingkan dari merk lain. Suatu hal yang aneh memang, tetapi saya sendiri belum bisa menyimpulkan apakah vga ini bukan seri gt 630 atau memang iya. Karena seharusnya seri gt ini sudah mendukung directx 11, tetapi kenyataannya game yang sudah support directx 11 tidak jalan sama sekali. 

Saran saya untuk sobat yang ingin membeli vga ini ada baiknya untuk mencoba seluruh game terbaru. Apakah berjalan maksimal atau tidak. Hal ini dilakukan untuk meminimalisir kerugian dengan mengklaim segera jikalau menemukan masalah. Semoga artikel Super Graphic GT 630 1GB DDR3 Review ini bermanfaat bagi sobat defaris. Ktirik dan saran yang membangun sangat saya harapkan. 

Subscribe to receive free email updates:

29 Responses to "Super Graphic GT 630 1GB DDR3 Review"

  1. keren ya sob kalo buat ngegame
    kunjungan baliknya ditunggu simbalisme.blogspot.com

    ReplyDelete
    Replies
    1. Apanya yang keren om?tu vga bermasalah

      Delete
    2. Saya juga punya gan vga yang itu
      Tapi yg punya saya ada physx nya sama gpu clock dan memory clock nya lebih besar dari pada yg punya agan
      Kok bisa ya?

      Delete
    3. Emang tipenya sama ya om?kemungkinan saya dapet yang versi cacatnya. Saya sendiri baru tau merk super graphic. Kemaren penasaran buat testingnya karena ada temen yang bermasalah saat bermain game.

      Delete
    4. Tipenya sih sama
      Tapi setelah saya coba beberapa minggu hasilnya memang tidak memuaskan dan drivernya pun tidak ada yg cocok dgn vga nya
      Jadi saya tuker sama ati radeon

      Delete
    5. @Unknown
      baiknya memang ditukar. Daripada nyesel om :)

      Delete
  2. Saya juga kemarin sempat pakai ini gan , bener - bener jelek nih vga parah gw main gta iv setting low aja masih patah2 gila dah VGA ini tiruan kali ya websitenya aja cina supergraphic.com.cn , jangan pernah beli nih vga dah parah !! NYESEl SAYA GAN -_-

    ReplyDelete
    Replies
    1. Memang mesti survey dulu om sebelum membeli. Jadi gak salah pilih
      Kebetulan waktu itu da temen dianya tanya, kemampuan gt 630 miliknya kok gak bagus, saya nyuruh dia bawa vga nya buat saya test, dan memang bener, ni vga banyak masalahnya.
      Ternyata merk cukup berpengaruh, apalagi brandnya gak jelas

      Delete
  3. hahha..bnyak juga korban a..kmrin ane beli tu gt 630 seharga 550rbu...wow banget dah harga segitu dapat vga 2gb 128 bit..emg suatu kebnaggaan buat yg suka hardaware murahan...eh pas d instl driver ga ad yg ccok malah gbr a besar2..pkek driver yg d cd masok pas main geme dota 2 wow banget dah vga satu ini..gbr monitor a kayak ada pelangi a gitu..ujong2 a gw return ke toko..org toko blng vga a udah d tes n jalan normal..keheranan ane nnya sama org toko..emg d tes main geme apa..org toko blng ngetes a pakek game house..wkwkwkwk..anjirrrrr

    ReplyDelete
    Replies
    1. Cukup banyak om. Saya juga udah ngingetin teman yang stok ni vga, buat gak restock lagi, karena vga ini cacat. Dari beberapa informasi yang saya dapat, ternyata Super Graphic ini merupakan VGA Seri GT 220 yang diflash biosnya, supaya kebaca GT 630. Wajar saja kalau kemampuannya melempen, bahkan jauh di atas standar GT 630...

      Delete
  4. Waduhhh Gw Pake VGA nehh Lagi. :3
    Blom di coba bwt NgeGame sihh.
    ahhh Apess dahh Gw klo Lihat review nya Jelek begini.
    thx Gan untuk info nya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ia om, bener2 mengecewakan.
      Dan kebetulan memang gak ada yang review vga ini makanya saya beberin disini biar pada tahu

      Delete
  5. Enter your comment...kalo d bandingin ama gt 220 beneran gimana MTB n?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Saya gak pernah secara langsung bandingin. Karena kebetulan waktu itu ada teman yang penasaran sama kemampuan ini vga, jadi saya coba testing langsung buat pembuktiannya

      Delete
  6. Wkwkw.. kmren w sempet beli ni jenis VGA.. aneh sih kok murah bgt,,, pas w coba hasil nya, idih.. KAMPRETT BANGET.. KANN... ya udah w balikin lgi tuh VGA asongan.. selmet dah duit w.. yg jelas jgn pernah beli VGA nvidia yg ga asa brand nya... msh byk type yg lain tuh.. tp w lupa.. pokok nya kudu hati2 deh

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yup, sebelum membeli ada baiknya terlebih dahulu untuk mencari informasi daripada tar kena kasus yang seperti ini

      Delete
  7. aduhh apa yang ente bilang ane ngalamin semua
    tadi malam pukul 7 ane beli nih vga 700 ribu
    SG gt 630 2gb 128bit . Sebelumnya ane punya radeon 5500 1gb 128bit
    Pagi ini ane mau balik ke tokonya mau kembaliin VGA nya
    asalanya..
    tidak bisa di update
    Directx 11 gak berfungsi namun di Gpuz terdeteksi ada DX100
    Psyx nya ga ada. padahal di Box nya support Psyx
    3d graphic yang pesawat muter2 gitu aja
    Tidak terdeteksi di geoforce experience
    Website resmi gak bisa di buka www.supergraphic.com.cn (cina banget)
    Muter film HD warnanya pecah2 dan acak2

    di Tes Bencmark pake peformace test
    Di DX9.0c 7Frame/s aduhhh
    Di dx10 5 Frame/s sadisss
    Di dx 11 Blank.. Layar hitam gak ada kejadian apa2 lagi
    hingga 40 menit kemudian ane paksa restart
    tes game Farcry4 & simcity kayak ada bercak2 warna berserakan
    untung ane liat ini artikel sesudah 4 jam membeli Vga nya
    masih ada harapan untuk balikin

    Maaf kalo ane bilang Memang BANGSAT NIH VGA

    ReplyDelete
    Replies
    1. Malah bagusan 5570 om hehe...

      Syukur deh klu bisa dibalikin :D

      Delete
  8. aku juga beli yang 2gb 128 bit, sama kasus nya ga bisa di update driver tes pake naruto strom 4 minta dirext 11 . emang gagal ni vga judul doang spec x

    ReplyDelete
  9. Perasaan gw beli gt 630 yang dari ASUS ok ok aja gan :v
    Main gta 5 fpsnya diatas 30 :v
    farcry 4 20 - 25 (lumayan lah..)
    Mungkin yang punya ente vga subvendornya penipu gan :v

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hehe.. itu memang kena tipu produsen om :)
      Saya juga baru nyadarin pas testing VGAnya :)

      Delete
  10. Vga GT630 ada berapa jenis gan saya kurang paham

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bukan jenis sih, tapi lebih condong brand nya :)

      Delete
  11. Om kali spek ini A8 7600 + mb ecs f2a68 soc fm2, vga gt630 2gb DDR 128bit, ram 8gb(4x2) yg 4gb merk Kingston yg satu lg merk been(seibget saya) kuat game2 baru ga ya? Game2 berat?

    ReplyDelete
    Replies
    1. klu dibilang kuat sih enggak, tetapi bisa maen gem berat iya :)

      Delete
  12. Gan ane punya juga gan tipe yang ini...tapi buat dota2 bisa,pes2013 bisa tapi iya sett low...ane belom nyoba game lain, ini lagi bingung juga gan kan ane tertaril ama gta5 mau bertahan ama nih vga apa beli lagi soal a buged standar buat rakit pc baru ....pas liat ini review ngeri wkwkkwkw....tapi komen di atas kok berbanding sedikit miring ama pengalaman ane yaak(?) ...bisa gak yak nih vga buat play gta 5?? Satu setengaj tahun yg lalu ane beli vga ini 600 ribuan

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bisa kok, kan dalamnya klu dak salah sih GT210/220. Harusnya bisa buat maen game GTA 5

      Delete
  13. Naah ini nih ane lagi bingung ama vga ini....pasalnya vga di ane bisa kok buat game dota2,pes2013 sett low semua....tapi pas liat review agan ama komen di atas ngeri banget ngoment tentang vga ini...ane kan lagi tertarik ama gta 5 gan...bisa ngangkat gak pake vga ini?? Ane mau pake prosesor intel i5 sama ram8gb(4+4)?? Mohon bantuannya gan thanks

    ReplyDelete