Antivirus gratis terbaik 2015

Kupaskomputer.com - Siapa yang tidak kenal dengan software ini? saya yakin rata-rata pengguna komputer mengetahui fungsinya dan sebagian merasa sangat memerlukannya walaupun sebagian kecil menganggap software ini memberatkan sistem. Antivirus sendiri merupakan tameng agar komputer tidak mudah terkena virus ataupun program jahat lainnya yang akan merusak sistem. Jadi saya rasa program satu ini "WAJIB" untuk dipasang, setuju kan sobat?

Untuk bahasan kali ini, saya akan mencoba menyajikan antivirus gratis terbaik tahun 2015. Sebagian antivirus yang saya ulas memang sudah lama saya kenal dan juga saya gunakan, namun ada sebagian antivirus yang malah tidak pernah saya gunakan sama sekali. Kurang lebih ada lima antivirus gratis yang akan saya bahas, sekali lagi "GRATIS", dan bebas digunakan. 

AVAST Antivirus

Avast Antivirus Free 2015
Avast Antivirus
Program penangkal virus satu ini cukup dikenal dikalangan pengguna komputer. Apalagi secara pribadi saya menilai antivirus ini terbilang cukup ringan. Urusan tampilan pun tidak kalah menariknya, avast terbaru 2015 tampilannya mengikuti sistem operasi windows 8. Saat digunakan, avast tidak terlalu banyak menggunakan memori sistem, Begitupun disaat saya melakukan scanning  virus, avast hanya menggunakan ram tidak lebih dari 40MB, cukup kecil bukan? Sangat cocok bagi sobat yang menginginkan antivirus gratis dan ringan. Namun disisi lain, antivirus avast mewajibkan penggunanya untuk melakukan registrasi supaya bisa digunakan selama 1 tahun. Cukup mengganggu menurut saya, karena tidak semua orang memiliki koneksi internet. (Baca : Registrasi avast menjadi full version). 

AVG Antivirus

AVG Antivirus Free 2015
AVG Antivirus
Program penangkal virus ini juga tidak kalah banyak yang menggunakannya. Tampilan antivirus AVG yang terbaru saat ini pun cukup enak dipandang dan cukup mudah dalam penggunaannya. Untuk kemampuan sendiri, AVG cukup bisa diandalkan. Scanning virus tergolong cepat namun satu hal yang mengganggu menurut saya adalah disaat selesai melakukan scan dan virus yang di deteksi sampai ratusan, cukup lama bagi AVG untuk melakukan penghapusan virus tersebut. Namun yang jelas secara performa cukup baik, penggunaan ram pada sistem kurang lebih sama seperti antivirus avast. 

Avira Antivirus

Avira Antivirus Free 2015
Avira Antivirus
Program satu ini memiliki ciri khas yang cukup kental yaitu logo payung berwarna merah. Ciri khas ini cukup melekat dengan program avira. Secara tampilannya sangat sederhana. Berbeda sekali dengan antivirus avg dan avast. Tidak banyak perubahan tampilan, walaupun tampilan tidak akan berguna sama sekali apabila performa tidak baik. Berdasarkan pengalaman saya menggunakan avira, program avira ini lumayan memberatkan loading awal sistem. Bagi komputer yang memiliki spesifikasi sedikit lebih rendah, saya tidak menyarankan penggunaan avira ini. Karena cukup memberatkan sistem disaat loading. Begitupun juga saat melakukan scanning virus, avira menggunakan ram lebih dari 200MB, belum lagi aplikasi avira yang laen. Total penggunaan ram kurang lebih 250MB. Hmm, cukup banyak bukan? namun satu hal yang pasti, avira ini cukup baik dijalankan di komputer yang menggunakan prosesor dual core, ram minimal 1gb dan sistem minimal windows xp. 

360 Total Security

360 Total Security free Antivirus
360 Total Security
Jujur saya pernah mendengar aplikasi satu ini namun tidak pernah sama sekali mencobanya. Antivirus yang satu ini tampilan yang diberikan tidak jauh berbeda dengan avg dan avast. Cukup enak dipandang dan penggunaannya pun cukup mudah dengan beberapa pengaturan yang telah disediakan. Sayapun mencoba melakukan scanning pada komputer, tidak terlalu banyak memakan memori sistem, kurang lebih diatas 80MB. Satu hal yang saya rasakan untuk pertama kali menggunakannya, antivirus satu ini cukup cepat melakukan scanning virus. 

Panda Free Antivirus

Panda Free Antivirus 2015
Panda Antivirus

Panda? ada yang tahu binatang satu ini, yup panda merupakan hewan khas dari negeri tirai bambu. Jadi saya yakin sobat tahu kan asal pembuat antivirus ini? Tampilannya, menurutnya saya patut diacungi jempol, sangat menarik dan sangat mirip dengan Windows 8.1 atau windows blue. Penggunaannya pun cukup mudah. Saat melakukan scanning, antivirus ini hanya menggunakan memori kurang lebih 50MB, cukup ringan bukan? bagi sobat yang ingin mencari antivirus gratis dan memiliki tampilan yang lebih baik tidak ada salahnya mencoba antivirus satu ini. 


Hanya inilah yang bisa saya sajikan. Semua antvirus ini merupakan antivirus terbaik berdasarkan referensi  yang saya baca dan berdasarkan pengalaman saya yang telah menggunakannya. 

Semoga artikel "Antivirus gratis terbaik 2015" bisa memberikan manfaat. Kritik dan saran yang membangun sangat saya harapkan demi kemajuan blog ini.
SUMBER

Subscribe to receive free email updates:

3 Responses to "Antivirus gratis terbaik 2015"

  1. nice post gan :D saya make avira emang terbaik (y)

    ReplyDelete
  2. kalau sendiri pake Eset, dengan serial you know lah :D
    tapi kalau ada yg minta install windows pasti ane install Avast. :D

    ReplyDelete