Mengenal Registry pada Sistem Windows

www.kupaskomputer.comKupaskomputer.com - Apa kabar semuanya sobat?di pagi dingin yang cerah ini, saya ingin membahas tentang registry dalam sistem operasi windows. Hmm... apa itu ya? Registry itu bisa di ibaratkan jantungnya sistem operasi windows. Kalau sampai rusak maka akan ada error yang akan ditampilkan di dalam sistem operasi windows. Jadi registry tersebut sangat penting ya buat sistem. 

Harap di ingat, bermain-main dengan registry jikalau ada kesalahan bisa membuat kerusakan permanen pada sistem jadi untuk diperhatikan langkah demi langkah bahasan kali ini, jangan sampai ada yang terlewat ya sobat. Ok langsung saja, untuk mengakses registry di dalam sistem windows, kita memerlukan editor khusus. Pada sistem windows editor tersebut dinamakan regedit (registy editor). 

Regedit atau Registry Editor

Untuk membukanya, ada beberapa langkah, ikuti langkah-langkah berikut :

1. Melalui start menu yaitu klik start kemudian klik RUN, kemudian ketikkan REGEDIT atau regedit atau bisa juga ditulis lengkap regedit.exe. Disini penulisan huruf kapital atau tidak, tidak berpengaruh yang penting penulisannya benar. Untuk lebih jelasnya lihat gambar dibawah ini :
Kotak dialog run untuk membuka registry
Kotak dialog RUN
Antarmuka registry Editor sistem Windows
Tampilan Regedit

2. Menggunakan tombol kombinasi alias Shortcut (jalan pintas). Tekan tombol kombinasi Winkey + R, maka akan langsung muncul kotak dialog run. Kemudian klik ok maka akan terbuka kotak dialog regedit.

3. Cara ketiga ini sedikit menyulitkan karena kita harus mencarinya di dalam folder windows. Buka My Computer, kemudian buka drive C. Double klik (klik ganda) pada folder "Windows", carilah file program yang bernama regedit.exe. Lebih jelasnya lihat gambar dibawah ini.
Membuka regedit.exe melalu explorer
Melalui jendela Explorer

Struktur Registry 

Berikut akan saya jelaskan struktur registry editor sebelum bermain-main dengan registry. Gak ada salahnya bukan untuk memahaminya terlebih dahulu?Struktur registry editor sederhanya seperti ini : 
  • My Computer 
  • Key atau Root Key
  • Subkey 
  • Sub Subkey
  • Data
  • Value atau Isi 

Lebih jelasnya silahkan lihat gambar dibawah ini : 
Struktur registry windows
Struktur registry Windows

Penjelasan singkat Struktur Registry 
  1. HKEY_CLASSES_ROOT atau HKCR merupakan tempat seluruh asosiasi file windows tersimpan. 
  2. HKEY_CURRENT_USER atau HKCU merupakan tempat yang berisi informasi tentang user yang log in pada saat itu
  3. HKEY_LOCAL_MACHINE atau HKLM, merupakan tempat yang berisi informasi tentang hardware dan setting software yang berlaku untuk semua user. 
  4. HKEY_USERS atau HKU, merupakan tempat yang berisi informasi tentang desktop dan user setting untuk tiap user yang berhak login ke komputer tersebut. 
  5. HKEY_CURRENT_CONFIG atau HKCC, merupakan tempat yang berisi informasi tentang konfigurasi hardware, berhubungan dengan HKEY_LOCAL_MACHINE


Backup Registry dan Restore Registry

Backup atau disalin kembali settingan di dalam registry. Fungsinya untuk apa? kalau nanti kita salah dalam pengaturan registry maka kita bisa melakukan setting default dari file backup tadi, istilahnya restore registry. Caranya? cukup mudah, lakukan langkah-langkah sebagai berikut : 
  1. Buka regedit (bisa dilihat penjelasan di awal artikel)
  2. Klik file kemudian pilih Export, tentukan hasil backup tadi pada folder yang kita inginkan, misalnya D:\SETTING REG\backup registry.reg
Sekarang langkah-langkah melakukan restore. Tadi sudah saya jelaskan fungsi restore sendiri untuk mengubah settingan default dari regedit. Jadi sudah jelaskan fungsi restore registry ini? ok silahkan ikuti langkah-langkah berikut untuk menjalankan restore. 
  1. Buka regedit
  2. Klik file kemudian import dan klik Ok atau dengan double klik pada file registry.reg tersebut

Alhamdulilah kelar juga menulis artikel mengenai mengenal registry sistem windows. Sebenarnya apa sih fungsi dari melakukan setting registry?sabar, In shaa Allah saya akan menjabarkannya dengan lengkap di lain waktu. Yang jelas bermain-main dengan registry itu mengasyikkan layaknya kita menggunakan blogger ini sobat hehe... Semoga bermanfaat. 

Sumber : Bunafit Nugroho "Konfigurasi dan Manipulasi Registry Windows XP"
  • Backup adalah kegiatan menyelamatkan data sebagai data cadangan
  • Restore adalah kegiatan mengembalikan data hasil backup tadi ketika terjadi masalah. 

Subscribe to receive free email updates:

3 Responses to "Mengenal Registry pada Sistem Windows"

  1. OM...saya sering memakai tuneup Utilities, apakah berpengaruh banyak dalam membersihkan file/cokis..

    ReplyDelete
    Replies
    1. maksudnya file sampah om?tune up utilities bagus juga kok untuk bersihkan file2 sampah tapi semenjak tahun 2012 saya gak pernah pake lagi hehe..
      Saya sekarang lebih pake yang free, CCleaner atau semacamnya

      Delete
  2. A portion of the registry cleaners in the market can just output the mistakes however can't settle the issue totally. best registry cleaner windows 10

    ReplyDelete