Kesalahan-kesalahan dalam memilih VGA

www.kupaskomputer.com

Kupaskomputer.com - Pada bahasan yang lalu, saya mencoba menjabarkan sedikit mengenai VGA Card baik dari kubu nVidia maupun dari AMD. Kalau kali ini saya akan mencoba share tentang kesalahan-kesalahan yang dilakukan seseorang pembeli ketika hendak mencari VGA buat gaming. Dan inipun berdasarkan pengalaman saya dahulu dan juga beberapa orang yang pernah bertanya sama saya hehe...
(baca juga : mengenal vga/ kartu grafis AMD dan Nvidia)

Oh ya tujuan artikel ini tidak bermaksud mencari kesalahan tetapi lebih mengarahkan agar kita bisa lebih baik dalam meminang perangkat satu ini. Apalagi kalau uangnya nanti malah terbuang percuma. 

Memori besar selalu jadi tolak ukur kemampuan VGA?

Pernahkah ada teman kita bertanya seperti ini, "Saya punya VGA 1GB cukup gak ya kalau untuk main game ini?". Yup beberapa orang beranggapan bahwa VRAM (Video RAM) VGA dengan ukuran besar akan memaksimalkan dalam bermain game, benar atau salah?ya benar kalau di imbangi dengan kemampuan GPU (graphic prosesor unit) yang baik, salah kalau ternyata GPUnya masih entry level alias kelas bawah. 

Saya ambil contoh dari nvidia yaitu nvidia GT 430 2GB DDR3 128bit VS GT 640 1GB DDR3 128bit, mana yang lebih baik?GT 640 akan menghasilkan performa gaming yang lebih baik, kenapa?karena menggunakan GPU yang lebih baru dan memang kelasnya diatas GT 430

Bit yang besar dianggap memiliki kemampuan gaming yang bagus?

Ada juga teman saya yang bertanya, "Berapa bit VGAnya?" ketika saya jawab 64 bit pasti jawaban mereka "kurang bagus itu kalau buat gaming". Ada benarnya jikalau bit yang besar memiliki kemampuan yang lebih tetapi kembali lagi ke poin pertama kalau semua itu akan lebih baik melihat versi GPUnya. 

Bit besar kalau GPUnya tipe lama terus ditanding sama yang baru untuk kelas menengah sudah pasti kalah. Saya ambil contoh deh Nvidia Geforce 8800GT 1GB GDDR3 256bit vs  Geforce GTX 650 1GB GDDR5 128bit, mana yang lebih baik?sudah pasti GTX 650, biarpun menggunakan GPU kelas menengah kebawah, tetapi tipe memorinya sudah menggunakan DDR5 bandingkan dengan DDR3

Beli Second (bekas) atau Baru?

Kalau ini kembali ke masing-masing pembeli. Kalau saya lebih suka pilih yang baru biar puas hehe.. Tetapi ketika kita ingin mencari performa/harga, maka pilihan tepat adalah vga seken. Dengan harga yang sama kita bisa mendapatkan VGA dengan kemampuan diatasnya. Contoh kalau saya ada uang bisa beli baru GT 640 1GB DDR3 128bit, maka sekennya saya bisa mendapatkan GTX 550 Ti 1GB DDR5 192bit dengan kemampuan diatasnya. 

Berdasarkan merk, merk A lebih baik dibanding B?

Ada sebagian berpendapat bahwa membeli VGA itu harus lihat merknya dulu, karena dijamin kemampuan akan lebih baik. Benar atau salah?boleh di bilang benar kalau memang merk tersebut sudah melakukan overclocking pada VGA tersebut. Dan bisa dibilang salah karena ada sebagian yang hanya mengandalkan nama tetapi kenyataannya kemampuan vga tersebut sama dengan merk lain. 

Terus kok bisa lebih mahal?ada harga ada rupa, ini salah satu patokan saya membeli barang. Merk A dengan tipe GPU yang sama kok bisa lebih mahal dari B?karena merk A menggunakan pendingin yang lebih baik dibanding yang B

Kesimpulan.

Dari penjelasan di atas bisa kalian simpulkan sendiri bahwa VRAM atau RAM VGA bukanlah suatu patokan kemampuan bermain game suatu VGA ataupun Bit besar menjanjikan kemampuan besar inipun salah. Kalau saya pribadi lebih condong memilih VGA berdasarkan kemampuan GPU baru kita melirik VRAMnya. 

Contoh kemampuan VGA berdasarkan GPUnya. Caranya gimana?coba lihat VGA seri GTX 9xx. Seri teratas saat ini GTX 980 terus dibawahnya adalah GTX 970>GTX 960>GTX 950 dan seterusnya. Angka terakhir dibelakang 9 menunjukkan kasta VGA tersebut. Jadi semakin kecil berarti kasta ada dibawahnya
Definisi : 
  • VRAM adalah Video RAM, fungsinya kurang lebih sama seperti RAM pada sistem
  • Bit adalah lebar jalur data yang bisa diolah oleh GPU
  • GPU (Graphic prosesor unit) adalah Prosesor didalam VGA yang tugasnya lebih khsusus untuk memproses data grafis
Semoga artikel kesalahan-kesalahan dalam memilih VGA ini cukup membantu sobat memilih VGA lebih baik lagi. Jikalau ada yang masih bingung dengan penjelasan diatas silahkan bertanya dan berkomentar sesuai  topik. 

Subscribe to receive free email updates:

18 Responses to "Kesalahan-kesalahan dalam memilih VGA"

  1. iya gan bener banget tuh apa yang disampaikan :) walaupun sebenarnya ane nggak terlalu ahli dalam bidang ini hahaha :D

    ReplyDelete
  2. Wah saya harus hati-hati jika memilih VGA :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Jangan sampe salah om, karena tar yang ada uang kebuang percuma hehe...

      Delete
  3. Wih baru tau saya :D

    jika berkenan kunjungi juga blog sederhana ini night002.blogspot.com :D

    ReplyDelete
  4. makasih gan infonya,, waduh sampe saat ini laptop ane cuma 32-bit,, hehe jadi malu

    ReplyDelete
    Replies
    1. maksimalpun cuma 64 bit om buat sistem operasinya hehe...

      Delete
  5. makasih gan infonya jadi lebih tau dalam memilih VGA

    ReplyDelete
  6. tips yang keren, dan detail

    thax atas ilmu nya sob, yg hobby travelling mampir ya: http://zoera-tourtravel.blogpsot.com

    ReplyDelete
  7. Mantaf om artikel nya sangat membantu saya dimana saat ini saya sedang galau dlm memilih vga yg akan saya beli.. Mksh beraaatz...

    ReplyDelete
  8. Gan , ane bingung pilih gtx 750Ti gtx 950 atau gtx 960,klo dlihat dari seri nya 960 lebih baru, tapi rasaan menurut ane peforma nya ga jauh² amat, sdngkan rentan harganya beda bervariasi antara 400-500 rb'an dari gtx750ti ke gtx950, apalgi dari 750ti ke 960, bisa beda 1jt lebih, mohon pencerahanya gan,thx

    ReplyDelete
    Replies
    1. wah telat bales saya hehe...
      GTX 960 paling kenceng di antara yang diatas :)
      Untuk seri GTX9xx udah pake DX12, jadi saran saya ambil GTX 950/960

      Delete
  9. Gan, Kompi Saya Cuman 32 bit... itu bisa make gtx 950 nggak? mohon cepat dibales....

    ReplyDelete
  10. Gan, Kompi Saya Cuman 32 bit... itu bisa make gtx 950 nggak? mohon cepat dibales....

    ReplyDelete