Menambah RAM dan mengganti Harddisk Acer Aspire 4720Z

www.kupaskomputer.comKupaskomputer.com - Kali ini saya kedatangan notebook model lama. Yup, bisa dibilang Acer Aspire 4720Z merupakan produk lawas yang muncul kisaran tahun 2006 yang lalu.

Namun kenyataan notebook seri lama ternyata memiliki ketahanan yang lebih baik. Terbukti, notebook yang akan saya ganti RAM dan Harddisknya ini tidak pernah di servis sekalipun.

Tujuan teman saya hanya ingin menambah RAM dan juga meng-upgrade harddisk laptopnya. Cukup wajar apabila ia ingin melakukan hal tersebut. Spesifikasinya tergolong sudah ketinggalan untuk aplikasi saat ini. Penambahan dan penggantian harddisk untuk mengimbangi aplikasi komputer yang semakin rakus akan ram dan kapasitas harddisk.

Agar lebih jelasnya berikut saya berikan spesifikasi notebook Acer Aspire 4720Z.
  • Intel Pentium Dual Core T2390 1,8Ghz
  • RAM 512 MB DDR2
  • Harddisk 160GB
Dilihat dari spesifikasi tersebut terlalu kecil bukan? mungkin untuk menjalankan sistem Operasi Windows XP masih bisa, namun bagaiman ketika kita akan membuka program sekaligus atau istilahnya multi tasking? sudah pasti akan kewalahan. 

Maka dari itu teman saya menambahkan RAM 2GB DDR2 dan juga mengganti harddisk dengan kapasitas 320GB. Prosesor Dual Core 1,8Ghz masih cukup bisa diandalkan untuk aplikasi terkini dan penambahan RAM 2GB bisa membantu kinerja dari notebook tersebut. Alat yang diperlukan untuk melakukan hal ini hanyalah sebuah obeng plus ukuran kecil. 



Langkah menambah RAM dan mengganti Harddisk Acer 4720Z

1. Sebelum melakukan hal ini, lebih baik kita melepas baterai notebook terlebih dahulu dan melepaskan listrik statis yang ada di dalam tubuh kita. Untuk membuka baterai, kita harus membuka terlebih dahulu dua pengunci baterai tersebut. Caranya cukup mudah, buka pengunci pertama dengan mendorongnya kebawah dan buka pengunci kedua dengan mendorongnya ke kanan sampai baterai terbuka. Dan kita cukup mengangkat baterai tersebut dari tempatnya. 
Melepas baterai Acer 4720z
Melepas baterai Acer 4720z

2. Langkah berikutnya melepas penutup bodi belakang tempat dimana RAM dan harddisk yang akan kita ganti. Ada tujuh baut pengunci bodi tersebut. Gunakan obeng plus ukuran kecil untuk membukanya. Setelah itu, ada sela kecil diantara penutup bodi, dari sela ini silahkan gunakan jari untuk melepaskan penutup tersebut. 
Melepas penutup bodi belakang Acer 4720Z
Melepas penutup bodi belakang Acer 4720Z

3. Setelah penutup tersebut terbuka, bisa kita lihat disini beberapa komponen yang ada didalam notebook Acer Aspire 4720Z seperti RAM, Chipset mainboard dan juga harddisk. 
Komponen yang terlihat setelah tutup dibuka pada Acer 4720Z
Komponen yang terlihat setelah tutup dibuka pada Acer 4720Z

4. Sekarang kita akan menambah RAM. Caranya cukup mudah, masukkan ram ke tempatnya. Harap di perhatikan posisi kaki ram, sesuaikan dengan tempatnya. Saya yakin pemula pun tidak akan melakukan kesalahan dalam penambahan RAM ini. 
Menambah RAM Acer Aspire 4720Z
Menambah RAM Acer Aspire 4720Z

5. Berikutnya kita akan melepas harddisk dan menggantinya dengan yang baru. Ada dua baut pengunci harddisk, buka baut harddisk tersebut. Kemudian dengan bantuan jari dorong harddisk tersebut agar terlepas dari konektornya. Dan harddisk barupun siap untuk dipasang. 
Mengganti Harddisk Acer Aspire 4720Z


Cukup mudah bukan untuk menambah RAM dan mengganti Harddisk Acer Aspire 4720Z ini? yup, tanpa bantuan teknisipun kita bisa melakukannya, asal kita mau belajar namun tetap dalam kehati-hatian agar tidak merusak komponen pada notebook tersebut. 

Semoga tutorial singkat dan sederhana ini bisa memberi manfaat bagi pembaca kupaskomputer. Kritik dan saran yang membangun sangat saya harapkan demi kemajuan blog ini. 

Subscribe to receive free email updates:

13 Responses to "Menambah RAM dan mengganti Harddisk Acer Aspire 4720Z"

  1. Replies
    1. Maksudnya data di harddisk?
      Klu data di harddisk sekedar mengganti RAM, gak bakal hilang om. Tapi klu harddisknya rusak n ganti harddisk otomatis data juga hilang :)

      Delete
  2. maaf gan saya mau tanya 3 hal;
    1. apakah bisa upgrade processor ke i5?
    2. apakah ram bisa diupgrade ke 4gb?
    3. kalo hdd diupgrade ke 1tb/ 500gb masih bisa gk?
    terimakasih #acer_aspire4720z

    ReplyDelete
    Replies
    1. 1. Tidak, beda soket
      2. RAM klu liat chipsetnya mentok di 2GB, cuma dicoba aja up ke 4GB
      3. Klu ke 500GB harusnya masih bisa, klu 1TB saya masih ragu

      Delete
    2. saya upgrade ke ram 2GB dan HDD 500GB ternyata blue screen mulu. ada solusi om?

      Delete
    3. Kemungkinan RAMnya bermasalah atau gak kompatibel, coba RAM laen om, untuk harddisk monggo dicek masih bagus apa gak :)

      Delete
  3. Terimakasih om :)
    Laen x klu mau komen jangan pake Link Aktif, mohon untuk dimaklumin

    ReplyDelete
  4. Mas..konektor hardisknya sata atau ata?

    ReplyDelete
  5. Numpang nanya min,, klo prosesor pentiun diganti prosesor core 15 bs g?? Laptop toshiba satellite radius L15W

    ReplyDelete
    Replies
    1. Belum pernah ganti prosesor jadi belum bisa kasih gambaran :)
      Klu soketnya sama, harusnya sih bisa

      Delete
  6. gan saya ada acer 4720 aja, ram ddr2 klo pakai ram ddr3 gimana ya gan bisa gak?

    ReplyDelete
  7. gan saya punya acer 4720 aja gak pakai z, kan ramnya ddr2, klo pakai ddr3 bisa gak ya?

    ReplyDelete