Ini loh masalahnya kapasitas hardisk tidak sesuai dengan aslinya

www.kupaskomputer.comKupaskomputer.com - Berbicara mengenai kapasitas hardisk saya jadi teringat dengan memori handphone. Dahulu, pertama kali saya mengenal memori handhpone, kalau tidak salah berjenis MMC berkapasitas 256MB untuk handphone tipe Nokia 6600. Setelah dipasang, saya mencoba melihat kapasitas memori yang tersisa, namun betapa terkejutnya ternyata kapasitas memori saya tidak sampai 256MB alias 24xMB (saya lupa tepatnya berapa).

Awalnya saya ingin protes ke penjualnya, namun saya urungkan. Takutnya nanti malah saya yang dikira gaptek (gagap teknologi), padahal iya hihi.

Kemudian pertanyaan tersebut berlanjut ketika pertama kali saya memiliki 1 unit komputer dan membeli sebuah flasdisk baru. Flasdisk yang saya beli kala itu berkapasitas sama dengan memori handphone yang saya miliki yaitu 256MB, cukup besar pada masanya. Cuma lagi-lagi saya tidak protes karena saya juga tidak terlalu peduli dengan kapasitas yang berkurang ini.
(baca : Cara mengetahui flashdisk asli atau palsu)

Akhirnya ketika saya memiliki koneksi internet, saya mencari tahu kenapa kok bisa memori ataupun flashdisk yang saya miliki kapasitasnya tidak terbaca penuh alias berkurang. Sekarang mari kita membahasnya bersama-sama untuk mencari jawaban dari pertanyaan tersebut, jangan lupa sediakan kopi hangat biar betah duduk berlama-lama depan komputer hehe.


Perhitungan Pabrikan Hardisk dengan Mesin komputer

Setelah saya telusuri, ternyata perhitungan pabrikan hardisk atau flasdisk dengan mesin komputer sedikit berbeda. Kalau pabrikan hardisk menggunakan satuan hitungan desimal, berbeda dengan mesin komputer yang menggunakan satuan hitungan binari (karena bahasa mesin tidak mengenal hitungan desimal). Efeknya apa? pada hitungan binari maka yang terbaca adalah kapasitas hardisk/flashdisk yang berkurang. Bingung?

Saya kasih contoh perbedaan hitungan desimal dengan hitungan binari agar kita bisa lebih mudah untuk memahaminya.

Hitungan desimal
  • 1 kilobyte setara dengan 1.000 byte
  • 1 megabyte setara dengan 1.000.000 byte
  • 1 gigabyte setara dengan 1.000.000.000 byte
  • 1 terabyte setara dengan 1.000.000.000.000 byte
  • 1 petabyte setara dengan 1.000.000.000.000.000 byte
  • dan seterusnya
Hitungan binari 
  • 1 kilobyte setara dengan 1,024 byte
  • 1 megabyte setara dengan 1,048,576 byte
  • 1 gigabyte setara dengan 1,073,741,824 byte
  • 1 terabyte setara dengan 1,099,511,627,776 byte
  • 1 petabyte setara dengan 1,125,899,906,842,624 byte
  • dan seterusnya


Menghitung kapasitas hardisk

Setelah mengetahuinya sekarang kita akan mencoba melakukan perhitungan untuk mendapatkan kapasitas yang sesungguhnya dari sebuah hardisk, flasdisk atau memori. Saya ambil contoh hardisk komputer dengan kapasitas 500GB, untuk mengetahuinya bisa menggunakan cara berikut. 

Konversikan terlebih dahulu kapasitas hardisk komputer 500GB menggunakan satuan desimal. Kalau dikonversikan berarti 500GB = 500.000.000.000 byte. Kemudian hasil yang kita dapatkan ini dikonversikan kembali ke satuan binari dengan cara membagi sesuai kapasitasnya, disini kita menggunakan satuan GB (gigabyte). 500.000.000.000 : 1,073,741,824 (1GB) = 465,xxx.xxx.xxx kita bulatkan menjadi 466GB. Lumayan banyak bukan kapasitas yang terbuang? kurang lebih 24GB. 

Sekarang kita akan mencoba menghitung flashdisk yang berkapasitas 16GB. Kalau dikonversikan ke satuan desimal berarti 16GB = 16.000.000.000 : 1,073,741,824, hasilnya adalah  14,9GB, kapasitas yang hilang adalah 1,1GB. Kembali ke ulasan awal, saya ingin menghitung kapasitas memori handphone saya waktu itu. 256MB kita konversikan ke bilangan desimal, 256MB = 256.000.000 : 1,048,576 (1MB), hasilnya adalah 244MB. Silahkan dihitung kapasitas flashdisk atau hardisk yang kalian miliki.



Dari penjelasan diatas tersebut saya yakin sobat kupaskomputer bisa mengerti kenapa kapasitas memori,flashdisk dan hardisk tidak terbaca sesuai dengan aslinya. Namun pernahkah kalian mencoba bertanya kepada penjual perangkat komputer kenapa kok kapasitas hardisk saya berkurang? Atau mungkin sama seperti saya yang diam saja?

Ada seorang teman yang pernah menanyakan ini kepada kostumer di salah satu toko komputer. Jawaban yang didapat tidaklah seperti diatas, melainkan mereka menganggap kapasitas yang berkurang dikarenakan terpotong oleh partisi sistem file. Ada benarnya, memang ada partisi sendiri didalam hardisk tersebut untuk melakukan formating dan sebagainya namun ukurannya pun tidaklah lebih dari 200kb. 

Kebanyakan orang mempercayai penjelasan kostumer toko komputer tadi, kenapa? ya karena mereka yakin penjual lebih mengerti dengan barang yang mereka jual, walaupun tidak selamanya benar. Saya sendiri dahulu meyakininya sebelum google memberikan jawaban yang tepat atas pertanyaan saya hehe.

Lalu siapakah yang pantas disalahkan dalam hal kapasitas hardisk yang tidak terbaca penuh ini? pabrikan hardisk kah atau mesin komputer kita? saya rasa tidak ada yang patut disalahkan. Lebih baik menikmati saja teknologi yang ada, toh selama ini mereka yang membeli tidak pernah protes mengenai kapasitas hardisk atau flashdisk yang dibeli, bener gak?

Saya berharap artikel "kapasitas hardisk yang tidak terbaca penuh atau sesuai dengan aslinya" ini memberikan jawaban kepada teman-teman yang masih bertanya-tanya mengenai hal ini. 

Subscribe to receive free email updates:

14 Responses to "Ini loh masalahnya kapasitas hardisk tidak sesuai dengan aslinya"

  1. Baru tau.. kirain hardisk tidak sesuai itu gara'' virus

    Terimakasih buat infonya..

    ReplyDelete
  2. Saya datang :) Nah, ini nicepost, thanks :)

    ReplyDelete
  3. ternyata kapasitas juga ada pajaknya ya wkwkwkwkwk

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bukan pajak sih, perhitungannya yang berbeda he2

      Delete
  4. makanya kapasitas harddisk/flashdisk selalu tidak utuh sesesuai spesifikasi......ane mampir bos.....bermanfaat sekali postnya

    ReplyDelete
  5. bang laptopku tulisan HDDny 500 GB tapi kok cuma kebaca 269 GB??? aneh banget

    ReplyDelete
    Replies
    1. Harusnya 4xx GB, klu segitu rasanya bukan 500 melainkan 320gb

      Delete
  6. Baru tau Juga Rupanya Perhitungan pake Biner. Terus Itu Juga Termasuk Untuk RAM .?jadi Kalau RAM nya 16 Gb cuma kehitung 14,9 iya kah .?
    Thanks Info nya

    ReplyDelete