Tips merawat komputer dengan baik dan benar

Kupaskomputer.com - Setiap orang terkadang mengeluh dengan kinerja komputer yang semakin lama digunakan, kinerjanya semakin menurun. Wajar saja, namanya juga barang yang sering dipakai mengalami penurunan kinerja. Tetapi ada juga cara paling baik untuk menjaga supaya kinerja komputer seperti kondisi pertama kali membeli baru. Bagaimana? Tips ini berdasarkan buku referensi yang sering saya beli dan juga pengalaman saya selama menggunakan komputer

Pembersihan CPU

www.kupaskomputer.com
Kondisi komputer yang bersih
Ternyata kita sering mengabaikan ini, pernah terlihat satu komputer digunakan 24 jam tetapi tidak dirawat sama sekali, terus kalau mengalami hang/error selalu menyalahkan komputer yang jelek. Eits! tunggu dulu, belum tentu komputernya, tetapi memang penggunanya terlalu meremehkan. Pembersihan debu pada komputer ternyata meningkatkan kinerja komputer? Loh, kok bisa?

Penumpukan debu pada kipas pendingin menyebabkan putaran tidak maksimal atau juga menutupi celah-celah heatshink yang menyebabkan tidak sempurnanya pendinginan, akibatnya komputer cepat panas dan mengalami penurunan kinerja bahkan bisa berakibat hang, kalau panasnya terlampau tinggi. Jadi ada baiknya untuk membersihkan komputer ketika komputer kita dirasakan sudah tidak berjalan sebagaimana mestinya, alias lambat. 

Kalau memang sudah dibersihkan silahkan cek kondisi suhu menggunakan Speed Fan. Kalau ternyata suhu adem ayem tetapi kinerja pc tetap lambat ada baiknya untuk cek kondisi harddisk kita, mungkin sudah mengalami penurunan performa atau kesehatannya. (baca :cek kondisi hardisk)

Note :
Perangkat pada komputer cukup riskan kalau tidak berhati-hati dalam membongkarnya. Baca ini terlebih dahulu sebelum melakukan bongkar pasang alat komputer. Yang harus dibersihkan pada CPU : 
  • HSF prosesor, bersihkanlah disela-sela HSF debu yang menempel, atau kalau mau bersihkan saja semuanya (baca : cara memasang prosesor intel)
  • HSF VGA (kalau menggunakan VGA), sama seperti halnya membersihkan HSF prosesor
  • Bersihkan juga area disekitar mainboard seperti slot ram dan lain-lain
  • Bersihkan juga kipas-kipas yang terpasang pada kesing menggunakan kuas halus


Pembersihan Aplikasi

Kalau sudah membersihkan komputer sekarang beralih membersihkan aplikasi. Kenapa? karena terlalu banyak software yang tidak penting bisa memberatkan sistem kita. Ambil contoh, banyak orang beranggapan bahwa menggunakan antivirus lebih dari satu bahkan tiga komputer kita malah aman dari virus, bisa dibilang iya tetapi malah membuat sistem bekerja lebih lambat. Ada baiknya untuk menggunakan satu atau dua Antivirus tetapi yang up to date, dibanding terlalu banyak. 

Ada juga yang memasang aplikasi yang sifatnya malah tidak penting seperti aplikasi multimedia atau pemutar file audio dan video. Contoh sudah ada aplikasi WinAMP kemudian dipasang juga aplikasi JetAudio terus dipasang lagi aplikasi audio yang lainnya. Saran saya, cukup satu saja yang penting powerfull. Begitupun dengan aplikasi lainnya. Hemat itu hebat loh kawan hehe.. 


Defragment Harddisk (menata ulang data)

Sebelum saya lanjutkan, saya beri penjelasan sedikit tentang defragment ini. Defragment sendiri fungsinya untuk menyusun kembali file-file yang diperbarui atau telah di pasang (instal) baik sengaja ataupun tidak. Defragment harddiks dilakukan secara berkala 3 bulan sekali atau 1 bulan sekali. 

Tidak di anjurkan dilakukan setiap hari. Ingat!!! kalau dilakukan setiap saat maka akan memperpendek usia hardisk kita. Ketika kita selesai melakukan defragment harddisk, maka akan ada peningkatan kinerja dari sistem kita. Komputer akan bekerja lebih baik lagi karena data-data yang berserakan akan di susun kembali. 
Logika sederhananya begini, 
"Saya memiliki ruangan A (kantor) dan sebelahnya B (ruang perpus), tetapi barang-barang saya berserakan dimana-mana. Ketika saya ingin mengambil barang di ruang B, maka waktu yang saya butuhkan lumayan lama karena terhalangi oleh barang-barang tersebut". Kemudian saya susun ulang kembali barang-barang tersebut pada tempatnya (Defragment), maka ketika saya ingin mengambil barang di ruangan A ke B tidak akan memakan waktu yang lama". 
Jadi defragment harddisk cukup penting tapi sekali lagi secara berkala ya, kalau mau terus-terusan silahkan saya tidak bertanggung jawab hehe...

Sementara hanya ini dulu tips merawat komputer dengan baik dan benar, lain waktu saya akan menjabarkannya secara detail lengkap dengan gambarnya. Saya harap artikel ini cukup bermanfaat bagi sobat defaris. Kritik dan saran yang membangun sangat saya harapkan.

Subscribe to receive free email updates:

14 Responses to "Tips merawat komputer dengan baik dan benar"

  1. berguna banget tipsnya gan

    ReplyDelete
  2. sipp gan postingannya, berguna banget buat lepi ane ,,,

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tar saya buat tutornyo om buat bersihin CPU di lepi :)

      Delete
  3. penting untuk melakukan pembersihan secara berkala

    ReplyDelete
  4. Mantap nih infonya, soalnya ane suka bingung utk rawat komputer, jadi jarang ane pakai gan
    kalo utk laptop ada gak perawatannya?

    sering2 brkunjung ke http://wajahilmu.blogspot.com

    ReplyDelete
  5. guna banget ni buat maintenance PC.
    Tq gan

    ReplyDelete
  6. engga tau kenapa komputer saya
    tiba tiba mati sendiri, mungkin harus
    ikut caranya agan

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau mati sendiri bisa karena PSU nya om, coba diganti baru :D

      Delete