Mengenal listrik statis

www.kupaskomputer.comKupaskomputer.com - Bahasan kali ini mengenai listrik statis, mungkin bagi para penggemar perangkat keras komputer, hal yang satu ini wajib untuk diketahui. Kenapa?karena ada efek yang tidak begitu baik bagi perangkat keras komputer kita. 

Menurut Wikipedia, Listrik statis adalah ketidakseimbangan muatan listrik dalam atau pada permukaan benda. Muatan listrik tetap ada sampai benda kehilangannya dengan cara sebuah arus listrik melepaskan muatan listrik. 

Listrik statis merupakan listrik yang tidak bergerak, dapat termuat juga didalam tubuh kita dan kita juga penghantar listrik yang baik, contohnya ketika ada orang kena setrum, dan kita pun mencoba menolongnya, sudah pasti kita kena efek strum bukan?

Dampak pada perangkat keras komputer?

Dari beberapa sumber yang saya baca, dampak listrik statis ini bila berpindah ke perangkat keras komputer akan menimbulkan kerusakan pada perangkat tersebut, baik langsung ataupun tidak langsung. Namun saya sendiri terkadang merasa aneh, beberapa teknisi mengabaikan masalah ini. Padahal komputer sangat rentan dengan listrik statis. 

Bagaimana bisa terjadinya perpindahan tersebut? 

Saya ambil contoh ketika kita akan membersihkan perangkat semisal VGA atau kartu grafis. Kita langsung memegang area sensifit pada kartu grafis tersebut maka listrik statis tersebut akan berpindah ketika itu juga. Efeknya memang tidak langsung merusak tetapi tetap ini tidak baik. Jadi saran saya hindari

Cara menghilangkan listrik statis?

Setahu saya ada dua metode untuk menghilangkan listrik statis di dalam tubuh. Pertama dengan menggunakan gelang anti statis (agak susah mencari barangnya). Kedua dengan cara klasik atau cara sederhana yaitu cukup menempelkan telapak tangan kita kurang lebih beberapa detik atau menit ke casing atau yang terbuat dari logam. 



Jadi bagaimana sobat yang hobinya gonta-ganti hardware?ada baiknya untuk lebih berhati-hati dalam melakukan pekerjaan seperti perakitan komputer. Dan untuk selalu di ingat agar tidak langsung menyentuh perangkat keras sebelum menghilangkan listrik statis dalam tubuh kita :)

Semoga artikel mengenal listrik statis ini cukup membantu sobat dan bermanfaat dan juga saya berharap bisa diterapkan dengan baik. 

Subscribe to receive free email updates:

5 Responses to "Mengenal listrik statis"

  1. Kalo ke laptop dampaknya listrik statis apa aja bang bagi kesehatan laptop . .??
    Bisa ke hardwarenya nggak . .??
    Kalo bisa solusinya gimana . . gue takut data gue ilang lagi, kalo laptop rusak . .??

    ReplyDelete
    Replies
    1. Baiknya sebelum megang perangkat mesti pegang logam dulu om biar listrik statisnya ilang. Klu masalah data ilang itu ada di harddisk, di backup aja dulu untuk wanti-wanti

      Delete
    2. kalo perlu pas main laptop pake gelang anti statis ,pasangin ke ground gan

      Delete
  2. jika terjadi padam pada saat memainkan komputer dampaknya gimna gan?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Dampak buruknya lebih ke harddisk gan, bakalan cepet rusaknya kalau sering kena mati lampu

      Delete