HIS Radeon HD 6770 IceQ X 1GB DDR5 review

Kupaskomputer.com - HIS merupakan partner setia AMD, produknya yang paling khas adalah seri IceQ X, apalagi model lama, jenis fan atau kipas tipe blower dengan ukuran lebih dari standarnya membuat kartu grafis dari HIS ini memiliki model yang cukup gahar. Yup, saya disini akan mencoba memberikan review singkat HIS AMD Radeon HD 6770 IceQ X, walaupun tergolong sudah cukup lama keluar, namun ternyata kartu grafis seri ini masih mampu menghadapi game-game terbaru sekalipun. Hmm, penasaran? silahkan ikuti selengkapnya. 
HIS HD 6770 IceQX 1GB DDR5 128bit
HIS Radeon HD 6770 IceQ X 1GB DDR5

HIS Radeon HD 6770 IceQ X pada dasarnya sebagai pengganti seri HD 5770, walaupun sebenarnya, hanya berbeda nama saja, namun secara teknologi yang dibenamkan sama dengan HD 5770. Jadi saya berkesimpulan performanya tidak akan jauh berbeda dengan HD 5770. AMD Radeon HD 6770 ini dirilis pada awal tahun 2011 yang lalu. Dan seri ini ditargetkan untuk kelas menengah karna range harganya waktu itu berkisar 1,8 juta sampai 2 jutaan. Sekarang kita lihat hasil dari GPU-z dan juga hasil dari Windows Experience Index. 
GPU-z HIS Radeon HD 6770 IceQX 1GB DDR5 128bit
Hasil GPU-z
WEI HIS Radeon HD 6770 IceQX 1GB DDR5 128bit
Hasil WEI
Terlihat dari hasil GPU-z, performa kartu grafis dari his ini pun tidak akan berbeda jauh dari seri sebelumnya (baca : HIS Radeon HD 5770). Walaupun GPU dan memori clock lebih tinggi seri ini, namun hasil untuk gaming tidak terlalu jauh. Hasil Windows Experience Index pun sama dengan HD 5770. 

Spesifikasi komputer yang saya gunakan untuk uji coba kartu grafis ini. 
  • Prosesor Intel Core i3 4160 3.6 Ghz
  • RAM 8GB Dual Channel
  • VGA HIS Radeon HD 6770 1GB DDR5 128bit 
  • Windows 7 Ultimate 64 bit
  • Driver Catalyst 14.9
  • Monitor HD Ready 19" resolusi 1366 x 768

1. Pro Evolution Soccer 2015

Salah satu game paling banyak dimainkan. Yap, game ini merupakan game yang paling sering dimainkan, kenapa? karena tidak akan ada rasa bosan apalagi dimainkan bersama-sama dengan teman-teman. Game ini saya atur dengan settingan terbaik, hasilnya mulus tanpa cacat. Cukup wajar, bukan lawan yang tangguh bagi kartu grafis ini. Bahkan kartu grafis dengan spesifikasi lebih rendah pun masih sanggup menghadapi game PES 2015 ini tanpa hambatan. 
PES 2015 pada HIS HD 6770 IceQX
Hasil Game PES 2015
PES 2015 pada HIS HD 6770 IceQX
Pro Evolution Soccer 2015

2. Medal of honor Warfighter

Game bertemakan perang di timur tengah (kalau saya gak salah hehe), cukup membuat beberapa kartu grafis kewalahan. Bisa dilihat dari beberapa kartu grafis yang pernah saya uji cobakan tidak terlalu sanggup memainkan dengan settingan high apalagi ultra. Namun sangat berbeda dengan kartu grafis ini, saya atur game dengan settingan terbaik, hasilnya? sangat mulus walaupun nilai fraps berada dibawah 30 dan terkadang diatasnya, namun tidak mengganggu jalannya game ini. 
Medal of honor Warfighter pada HIS HD6770 IceQX
Medal Of Honor Warfighter

3. Call of duty advance Warfare

Game satu ini merupakan lawan berat untuk kartu grafis saat ini. Apabila saya atur game dengan settingan terbaik (istilahnya rata kanan), game Call of duty Advance warfare ini tidak akan bisa dijalankan sama sekali. Nilai fraps berada dibawah 8, cukup berat memang. Namun apabila kita menggunakan settingan medium, dan FXAA saya matikan game berjalan mulus diatas 30fps. Hmm... sudah mulai terasa bahwa kartu grafis seri ini sudah berumur hehe.
Call Of Duy Advance Warfare HIS HD 6770 IceQX
Call Of Duyt Advance Warfare

4. Crysis 3

Salah satu game yang menuntut spesifikasi komputer super yahud apabila kita menginginkan tampilan terbaik dari game ini. Hmm cukup meragukan apabila saya mengaturnya dengan settingan high sekalipun. Yang saya dapatkan adalah settingan medium. Kalau menginginkan game berjalan mulus, silahkan atur game ke settingan kombinasi low dan medium
Crysis 3 pada HIS HD 6770 IceQX
Crysis 3

5. FarCry 4

Game dengan keindahan alam yang luar biasa, dan pengalaman yang menyenangkan disaat memainkannya. Namun semua tampilan grafis tinggi tersebut harus ditebus juga dengan spesifikasi komputer kita yang memadai dan game harus diatur ke settingan Ultra. Namun ternyata kartu grafis hanya sanggup menjalankan game dengan settingan high dan nilai fraps pun berada diatas 30fps. Masih cukup baik ternyata kemampuan kartu grafis ini. Performanya masih bisa diandalkan.  
FarCry 4 pada HIS HD 6770 IceQX
FarCry 4

6. Need For Speed Most Wanted 2

Salah satu game racing favorite ini cukup bisa menghajar kartu grafis kelas-kelas entry. Namun tidak berlaku untuk kartu grafis ini. Dengan settingan terbaik, game ini berjalan sangat mulus dan nilai fraps menunjukkan angka diatas 50. Bukan lawan yang sepadan untuk kartu grafis ini. 
NFSMW2 pada HIS HD 6770 IceQX
Need For Speed Most Wanted 2

Dari beberapa uji coba game pada kartu grafis His Radeon HD 6770 ini, terlihat kemampuannya yang masih cukup mumpuni untuk game terkini sekalipun. Salah satu alternatif terbaik apabila kita menginginkan kartu grafis yang bisa memainkan game terberat namun harganya cukup terjangkau, dibandingkan bila kita membeli kartu grafis baru dengan harga yang sama namun kemampuannya masih dibawahnya. 

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "HIS Radeon HD 6770 IceQ X 1GB DDR5 review"

Post a Comment