Cara mudah mengganti hardisk Netbook Acer Aspire One D270


www.kupaskomputer.com
Kupaskomputer.com - Acer Aspire One D270 termasuk ke dalam kategori Netbook, karena ukuran layar yang hanya 10". Namun ukuran tersebut menjadi kelebihan tersendiri. Kecil berarti mudah dibawa dan tidak terlalu berat. Kekurangannya netbook tipe ini adalah kinerjanya yang tidak terlalu tinggi.

Sebelum mengganti hardisk ada baiknya membuka terlebih dahulu keyboard Acer Aspire One D270. Ini dikarenakan untuk membuka penutup bodi belakang Acer Aspire one, kita terlebih dahulu melepaskan beberapa baut pengunci yang berada dibalik keyboard netbook tersebut. Sedikit merepotkan memang, tetapi ketika kita bisa melakukannya, kebahagiaan tersendiri loh hehe.
(bacacara mudah membuka keyboard acer aspire one d270)

Ingat! sebelum melakukannya berdoa terlebih dahulu ya sob agar semua berjalan mulus seperti yang diharapkan tanpa menambah kerusakan lain akibat kesalahan fatal dari kita sendiri. Kalau masih ragu-ragu ada baiknya jangan dilakukan, atau kalian bisa juga minta di dampingi orang yang lebih ahli dibidangnya. 


Berikut langkah-langkah mengganti hardisk netbook Acer Aspire One D270

1. Langkah pertama adalah melepas terlebih dahulu baterai netbooknya, langkah selanjutnya adalah melepas keyboard (baca: cara mudah membuka keyboard acer aspire one d270). Dan langkah terakhir adalah menyiapkan alatnya yaitu obeng plus ukuran kecil. 
Obeng untuk mengganti hardisk acer one D270
Obeng yang saya pakai
2. Lepas semua baut pengunci pada body netbook. Ada 14 baut yang harus dilepas. Disini ada dua jenis baut, satu panjang dan satunya pendek, yang panjang untuk lubang M2x8 sedangkan yang pendek untuk M2x4, ukurannya berbeda ya sob. 
Baut yang harus dilepas pada Acer One D270
Gambar 1. Baut yang harus dilepas dan perbedaan baut mx 8 dan mx 4
Perbedaan baut pada acer one D270
Gambar 2. Letak baut
3. Jangan lupa untuk mengumpulkan bautnya ke dalam box untuk menghindari hilangnya baut. Karena setahu saya tidak ada yang menjual baut laptop hehe. Kalau sudah terlepas semua sekarang kita akan mendorong pengunci cover belakang atau penutup body belakang netbook

4. Cari tulisan "Door Release", kemudian dengan bantuan ujung obeng, tekan kedalam secara perlahan sampai cover belakang terlepas. Usahakan menggunakan obeng panjang agar lebih mudah untuk melepaskannya. 
Mendorong pengunci cover belakang Acer One D270
Gambar 3. Mendorong pengunci tutup belakang
5. Setelah terbuka cukup gunakan jari-jari dan menarik kearah luar untuk melepasnya (lihat gambar), hati-hati dalam menariknya karena cukup rentan patah, jangan terburu-buru. 
Melepas tutup belakang Acer One D270
Gambar 4. Melepas tutup belakang Netbook
6. langkah terakhir adalah melepas hardisk. Caranya dengan mendorong hardisk keluar, kemudian angkat hardisknya, terakhir melepas kabel data yang mengunci hardisk. Dan hardiskpun siap dipasang dengan yang baru
Melepas hardisk Acer One D270
Gambar 5. Melepas hardisk Netbook Acer Aspire D270


Sebenarnya tidak terlalu sulit mengganti hardisk netbook acer d270, namun bagian tersulit menurut saya adalah ketika kita mendorong pengunci cover belakang kearah dalam. Terkadang ada sebagian netbook sedikit menyusahkan kita untuk melepasnya. Mungkin ini dikarenakan netbook tersebut tidak pernah dilepas sebelumnya.

Subscribe to receive free email updates:

8 Responses to "Cara mudah mengganti hardisk Netbook Acer Aspire One D270"

  1. minta turtiral di videonya dunk gan

    ReplyDelete
  2. Ukuran HDD laptop ini berapa inc ya? 2.5" kah?
    terimakasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ukuran HDD Laptop standarnya 2,5", kalau komputer 3,5"
      Cuma ada juga laptop yang pake hdd 1,8"

      Delete
  3. Mas bro cara instal hdd nya gimana kasi tau donk saya masi awam di dunia komputer

    ReplyDelete
    Replies
    1. Maksudnya instalasi windows?Loh perasaan udah banyak tutornya?

      Delete
  4. Apakah semua netbook sama ukuran inci hardisk nya?

    ReplyDelete