Cara menghitung kebutuhan daya pada komputer

Kupaskomputer.com - Pernah seseorang teman bertanya, "Berapa ya psu yang cocok buat pc rakitan saya"?. Gampangnya adalah menghitung secara kasar apa saja yang akan di rakit nanti. Ambil contoh spesifikasi komputer sebagai berikut : 
  • Intel Pentium Dual Core E5800 3.2Ghz soket LGA 775
  • RAM 1x 4GB DDR3
  • Hardisk 250GB 
  • Mainboard micro ATX
  • DVDRW
  • Tiga kipas yang dipasang
Secara kasar, kebutuhan dari spesifikasi diatas tidaklah terlalu banyak. Hanya dengan PSU yang berdaya 200W sudah bisa mencukupi kebutuhan tersebut. Lantas kenapa harus membeli PSU dengan daya 500W, mubazir bukan? yang penting sesuai kebutuhan. Ingat! PSU sekarang banyak yang mengeluarkan daya yang tidak murni, contoh PSU harga-harga yang murah. Biasanya saya sebut PSU kaleng. Kenapa? kualitasnya sudah terlihat dari saat kita membelinya.

Tetapi jangan salah loh, ada juga PSU dengan build quality yang baik tetapi ternyata tidaklah pure (murni). Beberapa PSU memberikan label 500W max outputnya tetapi kenyataannya tidak sanggup untuk memberikan daya 500W secara continue. Terus bagaimana kita bisa tahu bahwa psu itu benar-benar bagus? ada baiknya sebelum membeli untuk mencari informasi di internet mengenai produk tersebut. 

Ok, disini saya tidak terlalu panjang membahas masalah PSU, nanti akan saya jelaskan di artikel berikutnya. Sekarang kita akan mencoba menghitung spesifikasi komputer yang kita miliki. Tetapi harap di ingat, semua yang terpasang didalam komputer itu juga harus dimasukkan. Ambil contoh berapa banyak ram yang dipasang, hardisk, kipas, vga dan USB. 

Silahkan sobat mengunjungi situs eXtreme Power Supply Calculator, untuk melakukan penghitungan secara tepat berdasarkan kebutuhan sobat. Saya akan mencoba menghitung berapa kebutuhan daya dari spesifikasi yang saya sebut diatas. Ini hasil yang saya dapat : 
www.kupaskomputer.com
Hasil dari PSU Calculator
Ternyata hanya 197W rekomendasi yang di sarankan oleh PSU Calculator. Hmm.. cukup irit bukan?tetapi ingat spesifikasi yang saya sebut diatas merupakan spesifikasi yang lebih ditujukan pengguna kantoran. Tetapi ada baiknya untuk tidak mengambil psu dengan daya yang terlalu pas-pasan. Kalau seandainya hitungan yang didapat 197W, belilah minimal PSU dengan daya 250W. 

Spesifikasi komputer untuk gaming : 
  • Intel Core i7 4770K 3.5Ghz soket 1150
  • RAM Corsair 2 x 4GB DDR3 ( berarti ada 2 ram yang dipasang)
  • VGA nVidia GTX 970 4GB DDR5 256 Bit
  • 2x Hardisk 1TB 10.000 rpm 
  • 1x DVDRW 
  • 6 x Fan LED blue standar 
Sekarang akan saya hitung berapa kebutuhan daya atau PSU yang harus dibeli untuk spesifikasi tersebut.
Hasil yang didapat pada psu calculator

Kebutuhan dari PC gaming diatas hanya 422W, yang artinya PSU 500W pun sudah mencukupi. Cuma lagi-lagi saran saya ambil minimal 550W, untuk jaga-jaga kalau suatu saat kita mau menambah perangkat didalam komputer kita. 

Bagaimana sobat? ternyata spesifikasi tinggi pun tidak terlalu membutuhkan PSU dengan daya yang terlalu tinggi. Saran saya, belilah PSU yang sudah memiliki kualitas yang terbukti bagus. Beli sesuai kebutuhan, jangan terlalu bernafsu untuk membeli PSU dengan daya besar karena nanti juga akan berimbas kepada tagihan listrik setiap bulannya. Hayoo... mau bayar lebih mahal tiap bulannya? suatu hal yang mubazir bukan?

Satu lagi saran dari saya, jangan pernah tergiur dengan harga murah, penampilannya wah, dan labelnya seperti menjanjikan. Semoga artikel "cara menghitung kebutuhan daya pada komputer" ini bisa bermanfaat. Saran dan kritik yang membangun sangat saya harapkan 

Subscribe to receive free email updates:

10 Responses to "Cara menghitung kebutuhan daya pada komputer"

  1. mantap nih tutorialnya ijin coba gan by The Friendkerz

    ReplyDelete
  2. Gan itu mesti onlen yak?

    ReplyDelete
  3. ,secara otomatis si aplikasi akan mendeteksi yg terpasang di pc kita apa kita manual memasukan sendiri daftar perangkt pc kita gan? thanks

    ReplyDelete
  4. ,secara otomatis si aplikasi akan mendeteksi yg terpasang di pc kita apa kita manual memasukan sendiri daftar perangkt pc kita gan? thanks

    ReplyDelete
  5. ,secara otomatis si aplikasi akan mendeteksi yg terpasang di pc kita apa kita manual memasukan sendiri daftar perangkt pc kita gan? thanks

    ReplyDelete