Mengatasi komputer atau laptop yang blank hitam

Mengatasi komputer atau laptop yang blank hitam
Kupaskomputer.com - Salam hangat sobat defaris, hari ini saya akan share beberapa kasus pada komputer atau laptop yang blank hitam alias tidak menampilkan apa-apa. Mungkin sobat disini pernah mengalaminya. 

Tenang…. Jangan panik, saya akan berikan tips untuk mengatasi hal tersebut. Tetapi bila tips ini tidak berhasil coba sobat ganti ram lain, kalau ternyata bisa itu tandanya ram sobat minta ganti baru



Beberapa hal yang menyebabkan komputer kita blank hitam

  1. Bisa dikarenakan RAM yang bermasalah (kebanyakan kasus karena ini)
  2. Bisa juga karena VGA Card ataupun onboard yang memang rusak akibat panas
  3. Bisa juga karena prosesor komputer kita yang rusak, untuk kasus ini memang jarang sekali terjadi, walaupun tidak menutup kemungkinan prosesor pun menjadi penyebabnya

Nah yang akan dibahas adalah kasus pertama. Faktor RAM error atau jangan-jangan cuma kotor pada bagian kaki-kaki ram pada area kuningannya, makanya ada baiknya dicoba terlebih dahulu sebelum menganggap bahwa kerusakan pada yang lain. 


Membersihkan kuningan ram 

1. Persiapkan alat-alat terlebih dahulu seperti obeng plus untuk membuka penutup kesing komputer dan satu lagi PENGHAPUS, ya penghapus, fungsinya sendiri akan kita jelaskan di akhir artikel. Jangan lupa juga untuk menghilangkan listrik statis pada tubuh kita. ( baca : mengenal listrik statis)
penghapus untuk membersihkan kuningan ram
Penghapus
2. Matikan terlebih dahulu komputernya dan cabut kabel-kabel yang terhubung dibelakang CPU, kalau laptop jangan lupa lepas terlebih dahulu baterainya. Ini untuk menghidari adanya aliran listrik pada komputer atau pun laptop.

3. Lepas memorinya dengan menekan pengunci memori bagian kanan dan kiri kebawah secara bersamaan. Kalau untuk lapto sendiri biasanya mendorong pengunci ke kiri dan kekanan. (lihat gambar untuk lebih jelasnya)
cara melepaskan ram komputer
Melepas RAM komputer
4. Sekarang ambil penghapus kemudian hapus dibagian pin atau kaki-kaki memori secara merata dengan penghapus, fungsinya untuk menghilangkan kotoran pada bagian pin, tips ini juga berlaku untuk kartu grafis. Kalau sudah coba pasang kembali RAM nya. Dan hidupkan komputer dengan membaca bismillah dan tara ternyata komputer bisa tampil kembali, lanjut menyanyi "Senangnya hati ku komputer hidup kembali"..... 

menggosokan kuningan ram dengan penghapus
Gosok penghapus pada area pin

Apakah dengan cara ini bisa mengatasi masalah blank pada komputer?

Tidak semuanya, ada juga yang berhasil atau malah harus mengganti RAM baru. Intinya dicoba dahulu tips dari saya, kalau memang ternyata masih blank hitam, coba ganti memori yang lain.

Sementara hanya ini dulu tips saya untuk mengatasi komputer atau laptop yang blank hitam.
InsyaAllah saya akan berikan tips laen sesuai kapasitas saya hehe..

Semoga artikel "mengatasi komputer atau laptop yang blank hitam" ini bermanfaat buat sobat semua, jangan lupa like and share jikalau ternyata ini berguna. Kritik dan saran yang membangun sangat saya harapkan demi kemajuan blog ini. 

Subscribe to receive free email updates:

13 Responses to "Mengatasi komputer atau laptop yang blank hitam"

  1. masih takut buka laptop sendiri gan >.< takut gak bisa balikin nya lagi, kalo screen nya ada garis gitu gimana gan ? gak bisa ilang gitu lho

    ReplyDelete
  2. sampai-sampai cara dan alat-alatnya saja diberitahu, berarti harus mebongkar donk, hmmm..belum berani mas, ntar yang ada setelah dibongkar bautnya kelebihan lagi satu, bukannya malah benar tambah parah, serahkan saja sama ahlinya.

    ReplyDelete
  3. @Kikchie Media,
    gak perlu takut gan. Yang penting lebih berhati-hati aja klu mau buka laptop karena memang rentan patah. Masalah screen ada garisnya bisa karena LCD yang udah minta ganti atau mungkin karena kabel fleksibelnya
    @Devy Indriyani,
    Kalau belum berani memang kasih ke yang ahlinya aja hehe... Tapi gak ada salahnya mencoba kan mbak :D

    ReplyDelete
  4. wah,, thank gan komputer ane jalan lagi,,,

    ReplyDelete
  5. @Riandi Ramdani, thnx om udah mampir :)

    ReplyDelete
  6. Kebetulan sodaara saya punya masalah seperti ini ... Izin praktek gan :D

    ReplyDelete
  7. Makasih buat tipsnya gan.. dengan tips ini saya tau cara bersihkan ram.. sangat membantu buat newbie seperti saya :D

    ReplyDelete