Cara mengatasi masalah This connection is untrusted

Kupaskomputer.com - Ini berdasarkan pengalaman saya, kebetulan saya pernah mendapatkan tulisan "This connection is untrusted" dan ini terjadi ketika saya mencari artikel di google search pada web browser miliknya mozilla firefox. Saya lihat penanggalan pada komputer saya tidak ada masalah. Hmm... saya fikir masalah ini kemungkinan terjadi karena adanya bug pada browser mozilla. Cuma ya karena saya bukan pakar dibidang software jalan satu-satunya adalah menanyakan ke mbahnya, yaitu mbah google. 

Oh ya sebelum mendapatkan solusi dari mbah google, saya mencoba merubah penanggalan pada komputer, terus membuang mozilla dan mendownload versi terbarunya tetapi hasilnya sama, tetap mendapat tulisan cinta "This connection .....". Link yang saya dapat merupakan situs berbahasa inggris. Alhamdulilah dulu pernah kursus bahasa inggris, jadi saya kurang lebih "little little I can" lah haha.....

Beginilah halaman peringatan yang didapat ketika ingin membuka suatu halaman di mozilla firefox. Bukan satu situs saja, melainkan semua situs akan mendapatkan peringatan ini. Sangat mengganggu kenyamanan menjelajah dunia internet bukan?
www.kupaskomputer.com
This connection is untrusted
Masalah ini sebenarnya terjadi di akibatkan kesalahan penanggalan dalam komputer. Misalnya penanggalan komputer adalah tahun 2013 sedangkan saat ini tahun 2015, disaat kita membuka halaman situs maka firefox akan memberikan peringatan "this connection is....", solusinya cukup mengatur waktu kita kembali yang benar.  Namun terkadang masalah ini bisa terjadi walaupun penanggalan komputer kita benar, seperti yang saya alami.


Langkah-langkah untuk mengatasi masalah "This connection is untrusted"

1. Buka web browser mozilla firefox seperti biasa. Pada bagian pojok kanan ditandai dengan garis berjejer, klik pada "open menu", kemudian pilih "open help menu". Lihat gambar dibawah ini untuk lebih jelasnya.
open menu mozilla firefox
Open menu
2. Setelah klik open help menu, cari dan klik tulisan Troubleshooting information
memunculkan pengaturan troubleshooting information
Troubleshooting Information
3. Kemudian masuk kebagian menu Application Basics, cari yang namanya profile folder dan klik Show folder. Secara otomatis akan membuka file sistem 32 di komputer kita.
Troubleshooting Information
Menu Application Basics
4. Setelah terbuka, langkah terakhir adalah menghapus file cert8.db. Saya sendiri kurang tahu fungsi dari cert8.db ini, namun dari beberapa info yang saya dapat, file ini untuk menentukan sertifikat untuk firefox.
Menghapus file cert8.db pada system 32
Menghapus file cert8.db
5. Setelah mengikuti empat langkah tersebut, silahkan tutup browser sobat dan buka kembali. Ketikkan di google search, lihat apakah muncul kembali error tersebut? Inshaa Allah error tersebut tidak akan muncul kembali. Karena saya sendiri sudah mencobanya dan terbukti ampuh. Oh ya, saya iseng mencoba membuka kembali file cert8.db yang telah kita hapus ternyata muncul lagi.

Note :
Bila ternyata semua yang telah kita lakukan diatas tidak memberikan hasil dan tetap saja masalah tersebut muncul, mungkin dikarenakan faktor plug in yang mengganggu pada web browser kita. Saya menemukan masalah yang sama, namun tetap tidak bisa dihilangkan. Setelah saya selidiki lebih lanjut, masalah ini muncul karena faktor ekstension antivirus Avast. Akhirnya ketika antivirus tersebut saya hapus, masalah tersebut hilang. 
  •  
Semoga artikel "Cara mengatasi masalah This connection is untrusted" ini bisa bermanfaat bagi sobat defaris. Kritik dan saran yang membangun sangat saya harapkan demi kemajuan blog ini.

Video tutorial :


Subscribe to receive free email updates:

13 Responses to "Cara mengatasi masalah This connection is untrusted "

  1. terimakasih infonya, sy dulu pernah mencoba cara ini dan berhasil, tapi skrng muncul maslah yang sama, dan ketika sya hapus file cert8.db tidak bisa terhapus dan ada tulisan " the action can't be complete because the file is open in internetEnhancer.exe" mohon bantuannya dong min, supaya bisa di hapus file nya. trims

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kemungkinan file tersebut masih di akses om sama IE. Baiknya semua web browser dalam kondisi di tutup terlebih dahulu. Kalau ternyata masih gak bisa juga, coba dipaksa matiinya di bagian task manager, cari yang namanya IE terus pilih End Task. Semoga berhasil :)

      Delete
  2. Eamang betul gan MBAH GOOGLE selalu menjadi andalan semua orang MBAH GOOGLE selalu memberi jawaban dari setiap pertanyaan yang kita ajukan.

    Saya sendiri kalau menemui kesulitan saya langsu datang ke MBAH GOOGLE he..he..he..

    Trimakasih informasinya ,buat tambah ilmu salam kenal n sukses selalu

    ReplyDelete
  3. baru tau saya trik ini.. makasih mas.. soalnya banyak pelanggan yang tanya tentang masalah this connection is untrusted ini.. :)

    ReplyDelete
  4. cert8.db tidak bisa dihapus gan, padahal mozila sudah sy tutup, mohon pencerahan...makasih...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Harusnya bisa om, itu kemungkinan masih kebuka. Coba buka di task manager dan liat apakah masih kebuka?klu iya silahkan klik kanan dan pilih end task

      Delete
  5. terima ksih banyak kawan . . artikel anda sangat membantu . . banyak banyak terima kasih atas artikel anda

    ReplyDelete
  6. jika di mozila tidak bisa download gmna ya mas,,solusi cr dr mas sdh sy cb tp tetap ga bisa
    sy buka browser aman-aman saja tetapi jika download selalu gagal...cman mutar2 saja
    trim's

    ReplyDelete
    Replies
    1. Maksudnya download dari mozila atau pake idm om?

      Delete
  7. Tulisannya sangat menarik sekali dan mudah inspiratif, saya juga mempunyai tulisan yang berkaitan dengan teknik informatika serupa, klik http://leptek.gunadarma.ac.id :D :D Happy Sharing :D

    ReplyDelete