Cara masuk BIOS Sony VAIO E-Series

www.kupaskomputer.com
Sony Vaio
Kupaskomputer.com - BIOS (Basic input output sistem), merupakan pengaturan dasar dan juga yang memastikan bahwa semua perangkat berjalan dengan baik. Umumnya untuk masuk menu BIOS pada komputer kita harus menekan tombol DEL berkali-kali. 

Namun untuk komputer portable atau laptop, untuk masuk ke menu BIOS biasanya menekan tombol F1 ataupun F2, walaupun ada juga yang menekan tombol DEL tetapi ini cukup jarang terjadi.

Untuk kasus pada laptop Sony Vaio sendiri ternyata tiga tombol tersebut tidak berlaku. Saya sendiri awalnya bingung untuk masuk ke BIOS Sony tersebut. Udah saya lakukan seperti pada notebook thosiba dengan menekan F2 dan menahannya, tetapi hasilnya nihil. Kemudian saya juga menekan F1, eh ternyata sama, tekan del juga tidak mau masuk ke BIOS. 

Rasa kesal akhirnya membuat saya menghentikan terlebih dahulu, sudah bertanya kepada teman seprofesi nyatanya pun tidak bisa membantu.

Akhirnya dengan mendapat info dari mbah gugel, saya bisa masuk ke BIOS Sony, saya lupa link yang pernah memberikan info mengenai ini. Namun saya masih ingat ternyata biang keroknya ada di tombol Assist. Benar-benar membuat saya frustasi cuma gara-gara tombol ini.


Berikut cara masuk BIOS Sony Vaio

    Tombol Assist Sony Vaio
  1. Matikan terlebih dahulu netbooknya. 
  2. Pasang terlebih dahulu removable media semisal USB Flash ataupun DVD Eksternal itu kalau kita ingin melakukan instalasi windows. 
  3. Hidupkan kembali netbooknya, sambil menekan dan tahan tombol assist pada pojok kiri atas kemudian lepaskan. Setelah dilepas, maka kita akan diberikan beberapa pilihan. Sekarang pilih boot dengan tombol arah. Atau cari pilihan untuk masuk ke menu BIOS.
  4. Jangan sampai kita lupa apa yang akan kita atur di dalam BIOS, karena ketika kita ingin masuk lagi ke menu BIOS Sony, kita harus melakukan hal yang sama. 

Dari penjelasan diatas, cara masuk BIOS Sony ternyata cukup mudah. Namun lagi-lagi kita dibuat sedikit kesulitan apabila ingin masuk lagi, cara yang samapun akhirnya kita lakukan. Entah kenapa sony menambahkan tombol assist hanya sekedar masuk BIOS atau pilihan yang lain. Menurut saya malah menyusahkan. 

(Dari berbagai sumber)

Lihat video untuk lebih jelasnya
 

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Cara masuk BIOS Sony VAIO E-Series"

Post a Comment